Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Disabilitas Bisa Periksa Gigi Gratis di Stasiun MRT Bundaran HI Selama 3 Hari

ina Talisa mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang digelar di MRT Jakarta yang melayani para penyandang disabilitas.

Warta Kota
seorang penyandang disabilitas tengah melakukan pemeriksaan gigi gratis yang digelar di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI). Rabu (4/12). 

Para penyandang disabilitas bisa mendapatkan layanan gratis pemeriksaan gigi di Stasiun MRT Bundaran HI.

Pemeriksaan gigi gratis ini akan berlangsung selama 3 hari kedepan mulai tanggal 4-6 Desember 2019.

CMO and Co Founder Klinikoo Dental Care, Tina Talisa mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang digelar di MRT Jakarta yang melayani para penyandang disabilitas.

Selain sebagai bentuk memperingati hari disabilitas, kegiatan ini dilakukan karena pemeriksaan gigi disabiltas sangatlah penting, sebab hasil riset 5,7 persen masyarakat mengalami masalah gigi dan mulut.

"Dan kita yakini jika temen-temen disabilitas kondisinya lebih buruk dibandingkan dengan non disabilitas karena akses dan tenaga kesehatan yang belum memiliki mindset kondisifitas untuk para disabilitas," kata Tina Talisa di Stasiun MRT Bundaran HI, Rabu (4/12/2019).

Layanan kesehatan pemeriksaan gigi gratis ini juga menghadirikan dua dokter gigi dan perawat yang sudah diberikan pembekalan dalam menangani para disabilitas. Sehingga mereka sudah memiliki kesiapan.

"Jadi mereka ini sudah tahu bagaimana berinteraksi dengan para disabilitas jangan sampai kita yang non disabilitas itu ada rasa cemas ketemu, tapi kita harus rubah mindset seperti itu," ujarnya.

Ia juga sempat berinterkasi dengan beberapa disabiltas yang datang, namun mayoritas diantara mereka belum pernah melakukan pemeriksaan gigi ke dokter. Sehingga dengan adanya kegiatan ini harus ada semangat untuk memberikan akses kesehatan gigi dan mulut untuk para disabilitas.

"Dan kita harapannya ini dapat di ikuti oleh temen-temen kesehatan dan fasilitas gigi yang lain," katanya.

Tina juga menjelaskan dipilihnya Stasiun MRT, disebabkan karena Stasiun MRT memilik fasilitas disabilitas yang cukup siap. Sehingga akses yang mudah dan nyaman membuat para disabilitas dapat datang dengan mudah

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved