Berita Jakarta

Proyek Flyover dan Underpass di Jakarta Makan Korban, Ratusan Pohon Ditebang

Dinas Kehutanan DKI memperkirakan sekitar 300 tanaman berbagai jenis ditebang akibat pelaksanaan empat proyek di Jakarta tahun ini.

Proyek Flyover dan Underpass di Jakarta Makan Korban, Ratusan Pohon Ditebang
Warta Kota
Suasana proyek flyover Cakung di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Minggu (1/12/2019). Pembangunan itu mengorbankan pohon berbagai jenis untuk pembangunan flyover. 

Dinas Kehutanan DKI memperkirakan sekitar 300 tanaman berbagai jenis ditebang akibat pelaksanaan empat proyek di Jakarta tahun ini.

Empat proyek itu adalah tiga flyover , yakni di Cakung, Jakarta Timur; enteng Agung dan Tanjung Barat di Jakarta Selatan; serta  sebuah underpass  di Senen, Jakarta Pusat.

“Totalnya ada sekitar 300 pohon yang terkena. Berdasarkan data sementara dari Cakung, 170 pohon yang ditebang, sedangkan untuk proyek lainnya masih disurvei,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Tanaman Perkotaan pada Dinas Kehutanan DKI Yati Sudiharti, saat dihubungi, Minggu (1/12/2019).

Inilah Empat Megaproyek di Jakarta yang Babat Habis Pepohonan

Yati mengatakan, jenis pohon yang terkena dampak proyek cukup bervariasi, mulai dari jenis ketapang kencana, angsana, beringin, dan beberapa jenis lain.

Usia pohon-pohon yang ditebang itu sudah cukup tua, di atas 10 tahun  dilihat dari ukuran batang yang besar.

“Untuk kepentingan umum menebang pohon itu diperbolehkan, tapi harus diganti karena untuk menjaga keseimbangan lingkungan,” kata Yati.

Dua Orang Tewas dan Seorang Luka-luka Akibat Tertimpa Pohon Beringan Tumbang

Yati mengatakan, telah meminta kepada Dinas terkait untuk mengubah lokasi proyek yang tidak memakan lahan taman.

Namun, permintaan itu ditolak dengan alasan lokasi tersebut telah ditentukan oleh tim teknis Dinas Bina Marga DKI.

“Kalau nanti setelah pembangunan tidak ada space (ruang) untuk pohon baru, kami cari di sekitar proyek. Kalau tidak ada juga, nanti saya koordinasi dengan Suku Dinas Kehutanan wilayah untuk menentukan titiknya di daerah setempat,” ucapnya. 

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved