Berita Jakarta

BREAKING NEWS Pohon Ditebangi untuk Proyek DKI, Dinas Kehutanan Tetapkan Jenis Tanaman Pengganti

Adapun empat proyek itu tiga di antaranya flyover Cakung, Jakarta Timur serta Tanjung Barat dan Lenteng Agung - IISIP, Jakarta Selatan dan underpass S

BREAKING NEWS Pohon Ditebangi untuk Proyek DKI, Dinas Kehutanan Tetapkan Jenis Tanaman Pengganti
Warta Kota
Suasana proyek flyover Cakung di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Minggu (1/12/2019). Pembangunan itu mengorbankan pohon berbagai jenis untuk pembangunan flyover. 

Dinas Kehutanan DKI Jakarta telah menetapkan jenis pohon yang akan ditanam kembali akibat empat mega proyek di wilayah setempat.

Adapun empat proyek itu tiga di antaranya flyover Cakung, Jakarta Timur serta Tanjung Barat dan Lenteng Agung - IISIP, Jakarta Selatan dan underpass Senen, Jakarta Pusat.

Kepala UPT Pengembangan Tanaman Perkotaan pada Dinas Kehutanan DKI Jakarta Yati Sudiharti mengatakan, jenis pohon yang akan dibangun adalah bungur, tabebuya, sepatu, kupu-kupu, buttercup dan sebagainya. Jenis pohon itu dipilih karena dianggap indah dan mampu menyerap polutan serta air, sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga.

VIDEO: Promosikan Brand Busana Muslimnya, Olla Ramlan dan Diana Dsaks Syuting di Eropa

“Pohonnya diganti dengan usia yang lebih muda, karena kalau diganti dengan usia yang sama seperti pohon sebelumnya potensi matinya lebih tinggi,” kata Yati saat dihubungi pada Minggu (1/12/2019).

Menurut dia, idealnya penanaman pohon dilakukan pada tanaman yang memiliki batang berdiameter di bawah 10 sentimeter atau berbentuk bibit. Usia pohon seperti ini dianggap mampu berkembang dan beradaptasi di tempat yang baru.

VIDEO: Cerita Titi DJ Soal Anaknya Stephanie Poetri Berkarier Musik di Amerika Serikat

Berbeda dengan pohon tua yang kecenderungan untuk berkembang pada bagian akar sangat sulit. Dalam kesempatan itu, Yati mengaku tak tahu akan dikemanakan pohon-pohon yang ditebang tersebut.

Dia beralasan pohon tersebut telah menjadi milik pelaksana proyek karena mereka akan mengganti pohon itu dengan yang baru. “Karen mereka ganti pohon jadinya pohon itu sudah menjadi miliknya dan yang menebang pohonnya itu mereka, bukan kami,” jelasnya. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved