Demonstrasi

Ratusan Guru Kontrak Kota Bekasi Ujuk Rasa Kantor DPRD dan Walikota Bekasi

Ketua TKK Kota Bekasi Lukman Nur Hakim mengatakan, kehadiran mereka dikarenakan adanya isu pemangkasan dan rasionalisasi tentang honor guru kontrak.

Ratusan Guru Kontrak Kota Bekasi Ujuk Rasa Kantor DPRD dan Walikota Bekasi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ratusan guru dan tenaga kerja kontrak berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Kota Bekasi dan Kantor Walikota Bekasi, Jumat (29/11/2019). Mereka mempersoalkan rencana pengurangan gaji guru dan tenaga kerja kontrak. 

Ratusan guru dan tenaga kerja kontrak (TKK) berunjuk rasa di kantor DPRD dan Walikota Bekasi, Jumat (29/11/2019).

Ketua TKK Kota Bekasi Lukman Nur Hakim mengatakan, kehadiran ratusan guru kontrak dikarenakan adanya isu pemangkasan dan rasionalisasi tentang honor guru kontrak.

Dikabar gaji mereka dari Rp 3,9 juta akan dipangkas menjadi Rp 2,8 juta.

VIDEO VIRAL Sekolah di Sumba Timur, Warganet: Murid Ada Guru Gak Ada, Meja Ada Kursi Gak Ada

"Makanya kami datang mau dengar klarifikasi Dewan atas statement soal pengurangan itu," ujar dia, Jumat (29/11/2019).

Pihaknya meminta bukti fisik Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Bekasi untuk gaji guru dan tenaga kontrak.

"Dewan bantah, tapi kami butuh bukti fisik. Apa buktinya, apa di dalam RAPBD itu dimasukkan atau tidak. Kawal terus sampai selesai," kata dia.

Gaji Guru Honorer Naik, Pembayaran Gajinya Bakal Diambil Alih Bendahara Disdik di Tahun 2020

Bahkan, pihaknya meminta agar gaji guru dan tenaga kontrak dinaikkan sebesar UMK (upah minimum kota/kabupaten) Kota Bekasi yakni Rp 4,5 juta.

"Nah ini yang kita bingung, tadi pas bicara malah mau dinaikkan jadi Rp 4,5 juta. Kenapa tidak dari kemarin-kemarin, setelah kami keluar rencana aksi demo baru keluar statement kenaikan. Itu kejelasannya belum tahu karena tidak diberikan bukti fisik, baru omongan kita akan kawal," ucap dia

Abdul Rojak Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Kota Bekasi mengatakan, para TKK ini salah informasi dan termakan isu yang tak benar.

Gaji Guru Honorer Naik, Segini Besaran Gaji Berdasarkan Masa Kerja

"Rasionalisasi yang dimaksud bukan pada pengurangan, tapi yang dimaksud itu tadi yang sudah berhenti atau diberhentikan," jelas dia.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved