Breaking News:

Bisnis Gaharu di Mangga 2 Square Sangat Prospektif

Kayu gaharu menjadi salah satu komoditas yang paling banyak dicari saat ini. Aromanya yang semerbak mewangi membuat kayu ini sering dipakai sebagai ar

Mangga Dua Square

Kayu gaharu menjadi salah satu komoditas yang paling banyak dicari saat ini. Aromanya yang semerbak mewangi membuat kayu ini sering dipakai sebagai aromaterapi. 

Selain dibakar untuk pewangi ruangan, kayu ini juga dipakai sebagai bahan untuk tasbih dan gelang genitri. Bahkan minyak kayu gaharu hasil sulingan menjadi wewangian/parfum.

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kayu gaharu terbaik di dunia. Kayu gaharu dari Tanah Air sebagian besar diekspor ke Timur Tengah. 

"Kawasan Timur Tengah masih menjadi pasar terbesar untuk gaharu. Itu terkait kebiasaan mereka membakar gaharu pada pagi dan sore hari atau saat menerima tamu kehormatan, " kata Husein Alatas, pedagang kayu gaharu di Mangga 2 Square, Jakarta Utara, Rabu (27/11). 

Selain Timur Tengah, lanjut Husein, China dan India juga banyak membeli gaharu dari Indonesia. 

"Orang China menggunakan gaharu untuk kepentingan peribadatan. Selain itu, membeli gaharu sinking memgengsi gengsi tersendiri bagi orang-orang kaya di China, "imbuhnya.

Kualitas terbaik

Kayu gaharu di Indonesia berasal dari Kalimantan, Papua dan Sumatra.

Namun gaharu yang paling dikenal di Timur Tengah adalah gaharu Jawa. Sayangnya gaharu jenis ini sudah menghilang seiring masifnya alih lahan hutan di Pulau Jawa. 

" Saat ini gaharu terbaik berasal dari Kalimantan. Gaharu Papua, khusunya Merauke, juga cukup bagus kualitasnya. Sementara dari Sumatra masih dibawah kualitasnya, "jelas Husein, pemilik Toko Suud di Mangga 2 Square. 

Halaman
12
Editor: Andy Prayogo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved