Breaking News:

Kesehatan

Komitmen Puskesmas Cileungsi untuk Melawan Wabah Hepatitis Dilaksanakan Bersama Masyarakat

Kalangan guru dan siswa penderita hepatitis menunjukkan gejala seperti mata kuning, demam, mual dan nyeri di ulu hati.

Dokumentasi Humas RSUD Kota Depok
Ilustrasi. Seorang siswa SMPN 20 Depok yang menderita penyakit Hepatitis A masih menjalani perawatan di RSUD Kota Depok. 

Fenomena sejumlah guru dan siswa SMP Negeri 20 menderita gejala Hepatitis A, beberapa waktu lalu, yang terjadi di Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, harus membuat wilayah lainnya waspada.

Kasus yang terjadi pada beberapa minggu lalu, itu bahkan sudah mewabah hingga menjangkiti puluhan orang.

Para guru dan siswa adalah korban, yang menderita menunjukkan gejala seperti mata kuning, demam, mual dan nyeri di ulu hati.

Menanggapi fenomena hal itu, pihak Puskesmas Cileungsi turut prihatin.

Fadli Zon Mengungkap Lemahnya Pemerintah Tampak di Berlarutnya Upaya Pemulangan Habib Rizieq Shihab

Bahkan, mereka juga mewaspadai penyebaran penyakit hepatitis tersebut dari jajanan makanan maupun minuman.

Selain jajanan dari makanan dan minuman, beragam cara penyakit itu disebarkan melalui penggunaan jarum suntik yang tidak steril, produk darah seperti transfusi dalam kegiatan donor, hingga penggunaan alat cukur yang tidak sekali pakai.

"Penyakit hepatitis memang sangat cepat dalam penyebarannya, jadi kami juga mewaspadai agar terhindar kasus itu," ujar Humas Puskesmas Cileungsi, Sriwijayanti kepada Wartakota saat dikonfirmasi, Selasa (26/11/2019).

Namun demikian, Puskesmas Cileungsi sangat berkomitmen akan terus melawan hepatitis bersama masyarakat agar terhindar dari penyakit tersebut.

Sementara, gejala penderita penyakit hepatitis, akan mengalami common cold, seperti orang yang mengalami gejala flu, badan terasa sakit, mual dan kadang disertai muntah, nafsu makan menurun dan lemas.

Penderita hepatitis juga mengalami nyeri di perut kanan atas karena pasien infeksi hepatitis A yang meradang adalah liver-nya sebagian besar berada di perut kanan atas.

Halaman
1234
Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved