Breaking News:

Berita Jakarta

Komnas PA Anggap Polres Jakarta Selatan Cepat Tangani Anak Berkebutuhan Kasus dan Kejahatan Anak

Polrestro Jakarta Selatan terima penghargaan dari Komnas PA atas dedikasi dan respon cepat dalam penanganan kasus anak.

Wartakotalive/Rizki Amana
Pemberian penghargaan Komnas PA kepada Polrestro Jakarta Selatan terhadap dedikasi dan respon cepat dalam penanganan kasus anak. 

Polrestro Jakarta Selatan terima penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak atas dedikasi dan respon cepat dalam penanganan kasus anak.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan, pemberian penghargaan ini berupa apresiasi pihaknya terhadap respon cepat Polrestro Jaksel dalam memberikan bantuan hukum baik itu sebagai pelaku, saksi ataupun korban terhadap anak-anak berkebutuhan khusus atau disabilitas.

"Ini dedikasi terhadap Polres Jakarta Selatan yang telah memberikan perhatian yang serius terhadap kerja sama menangani anak-anak yang berkebutuhan khusus dari peristiwa kejahatan terhadap anak," ucapnya saat ditemui di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Senin (25/11/2019)..

KPAI Minta Polisi Temukan dan Terapkan UU Perlindungan Anak ke Pelaku

Dalam hal ini, Arist turut mengapresiasi Polrestro Jakarta Selatan yang menyediakan penyidik dengan latar belakang psikolog untuk menangani anak berkebutuhan khusus yang terjerat dalam sebuah kasus hukum.

Menurutnya, dalam beberapa kasus hukum selama ini, keterangan dari anak berkebutuhan khusus cukup sulit didapatkannya mengingat akses perilaku yang terbatas.

Misal, dalam membuat berkas perkara yang akan diserahkan kepada Kejaksaan, penyidik Polrestro Jakarat Selatan dapat menguak informasi dari anak disabilitas untuk dijadikan sebagai alat bukti.

Kapolres Metro Jaksel Terima Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak

"Artinya kita bisa menggali banyak informasi dan data yang lebih akurat," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama menyebut penghargaan ini menjadi acuan pihaknya untuk terus meningkatan pemberantasan kejahatan terhadap anak disabilitas.

Ia pun mengatakan, pihaknya bakal terus mensosialisasikan penyuluhan kepada masyarakat terkait pemberian perlindungan dan menjaga anak-anak terelebih mereka yang berkebutuhan khusus.

"Upaya ke depan, kami akan sosialisasi ke sekolah-sekolah, ke masyarakat, agar para orangtua lebih perhatian kepada anak-anaknya," ucap Bastoni dalam kesempatan yang sama. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved