Artis

Anggap Wisata Kesehatan di Indonesia Belum Saatnya Diterapkan, Tompi: Beresin BPJS Kesehatan Dulu

Tompi menekankan, belum tepat jika program wisata kesehatan diterapkan di tengah berbagai persoalan kesehatan yang masih belum mampu diatasi.

Anggap Wisata Kesehatan di Indonesia Belum Saatnya Diterapkan, Tompi: Beresin BPJS Kesehatan Dulu
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Tompi disela jumpa pers film Pretty Boys, film pertama garapannya sebagai sutradara, di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019). 

Tompi, penyanyi yang juga dokter, heran melihat niat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang ingin menggelorakan wisata kesehatan.

Apalagi menteri mengendorse sejumlah teknik pengobatan, seperti yang dilakukan Mak Erot.

Tompi menganggap teknik pengobatan itu bisa diartikan berbeda masyarakat. Seperti diketahui, Mak Erot identik dengan teknik membesarkan alat vital.

Tompi saat ditemui disela jumpa pers 'Romansa Berbuka with Tompi' dan peluncuran single 'Feel This Way' di Toko Musik Melodia, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).
Tompi saat ditemui disela jumpa pers 'Romansa Berbuka with Tompi' dan peluncuran single 'Feel This Way' di Toko Musik Melodia, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

"Kalau kita nggak tahu Mak Erot yang dimaksud itu yang mana, atau kalau Mak Erot itu yang dimaksud, wah..." kata Tompi di Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

Menurut Tompi, konsep wisata kesehatan yang digaungkan Menteri Terawan Agus Putranto belum saatnya diterapkan di Indonesia, setidaknya jika melihat kondisi saat ini.

Ia menilai, masih banyak masalah di bidang kesehatan lain yang perlu dibenahi.

Menandai Perayaan Ulang-tahun ke-80, Bob Tutupoly Dibuatkan Konser Istimewa oleh Glenn Fredly dkk

Jateng Siap Jadi Pilot Project Perubahan Pendidikan yang Revolusioner

"Kejauhan kalau kondisi kita sekarang seperti ini ngomongin wisatawan. (Ibaratnya) Kalau kita mau pakai tas mewah, nanti dulu, kalau sudah bisa pakai baju dan kolor yang benar," kata Tompi.

Tompi menberikan kritik itu bukan berarti menyalahkan program Menteri Kesehatan.

Sutradara film Pretty Boys (2019) itu menyebutkan, ide serta cita-cita Menteri Kesehatan diapresiasi.

Menkes Terawan Agus Putranto dan Menparekraf Wishnutama saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).
Menkes Terawan Agus Putranto dan Menparekraf Wishnutama saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019). (Tribunnews/Apfia Tioconny Billy)

Hanya, ia menekankan, belum tepat jika program tersebut diterapkan di tengah berbagai persoalan kesehatan yang masih belum mampu diatasi.

"Itu ide baik. Tapi saya mengkritisi, kalau ingin menjadikan kesehatan sebagai daya tarik wisata, itu kejauhan. Bukannya apatis atau pesimis. Selama biaya kesehatan masih tinggi, ya susah," katanya.

Tompi juga menyoroti permasalahan BPJS Kesehatan yang hingga kini belum bisa diselesaikan.

VIDEO: Jabat Komisaris Utama Pertamina, Ahok: Saya Harap Dukungan dan Doa Masyarakat

Klarifikasi Ustadz Abdul Somad Soal Catur Menjawab Pertanyaan Umat Islam yang Terjadi 2 Tahun Lalu

Ia berharap, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan lebih dulu mengatasi masalah-masalah krusial tersebut daripada menggaungkan program yang masih terlalu jauh digapai.

"Urus BPJS dulu saja. BPJS beres, baru ngomong wisata kesehatan," kata Tompi.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved