Berita Video

VIDEO: Peredaran Dollar Palsu Bernilai Miliaran Rupiah Digagalkan Polisi

"Pada saat itu anggota berhasil mengamankan DS, JK, dan TH. Tim juga mendapatkan barang bukti USD 100 ribu pada awalnya," kata Budhi.

VIDEO: Peredaran Dollar Palsu Bernilai Miliaran Rupiah Digagalkan Polisi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Herdi Konferensi pers dollar palsu di Polsek Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (22/11). 

Peredaran dollar palsu dengan nilai miliaran rupiah berhasil digagalkan oleh jajaran Polsek Pademangan. Total ada lima orang tersangka yang diamankan.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan hal itu terungkap berdasarkan informasi bahwa akan adanya transaksi uang palsu.

"Tim mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada seseorang yang menawarkan untuk bisa menukarkan uang dolar tapi dengan rate cukup murah," kata Budhi, Jumat (22/11).

Polisi lalu mengirimkan informan untuk bertransaksi dengan para pelaku di kawasan Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara pada 13 November 2019 lalu.

"Pada saat itu anggota berhasil mengamankan DS, JK, dan TH. Tim juga mendapatkan barang bukti USD 100 ribu pada awalnya," kata Budhi.

Setelah itu dilakukan pengembangan dan berhasil ditangkap pelaku lainnya, ES dan DM yang merupakan penyedia dolar palsu. Keduanya ditangkap di wilayah Kabupaten Bogor dengan barang bukti USD 120 ribu.

"Total barang bukti mata uang palsu yang kita amankan itu USD 220 ribu dengan pecahan USD 100. Apabila dirupiahkan bisa mencapai Rp 3 miliar," ucap Budhi.

Ketika menjalankan aksinya, para pelaku yakni DS (49), JK (45), TH (40), DM (39), serta ES (39) menawarkan penukaran uang dollar dengan harga murah yang ternyata diketahui palsu.

Adapun barang bukti yang disita dari para pelaku yakni lembaran uang palsu, alat sinar UV dan 20 rol lembar kertas atau bahan baku uang palsu.

Atas perbuatannya para pelaku dijerat dengan Pasal 245 KUHP tentang uang palsu dimana ancaman hukumannya pidana penjara selama 15 tahun. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved