Bergantung Banyak Tidaknya Jam Dinas, Seorang Masinis Sanggup Bawa Pulang Gaji Rp 20 Juta per Bulan

“Gaji pokoknya Rp 4 jutaan, karena kan belum ada tunjangan-tunjangan,” ujar Vice President Operasi PT Kereta Commuter Indonesia, Broer Rizal.

Kemenhub
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya di kabin masinis di saat peresmian KRL Commuter Line Jakarta-Cikarang. 

Gagah dan berwibawa adalah memang cocok disematkan bagi Masinis, dengan seragamnya yang menyerupai pilot pesawat terbang. Profesi yang satu ini pun nyatanya menjanjikan.

Bagaimana tidak, untuk satu bulan gaji saja, Masinis khususnya di Kereta Commuter Indonesia, mampu mengantongi hingga Rp 20 juta.

“Tergantung dari jam terbangnya juga, kalau dalam satu bulan itu dia jam dinasnya banyak ya bisa sampai Rp 20 juta,” kata Vice President Operasi PT Kereta Commuter Indonesia, Broer Rizal kepada Wartakotalive.com dalam acara Pemaparan Rencana PT KCI 2020 di Dipo KRL, Cipayung, Depok, Kamis (21/11/2019).

Walau tergantung pada jam terbang, minimal sang Masinis dalam satu bulan adalah bisa membawa pulang gaji Rp 12 juta.

Lalu apa syaratnya jadi Masinis? Broer memaparkan, hal utama yang menjadi syarat penting seorang calon masinis adalah harus sehat di kategori sehat Tipe A.

“Tidak boleh punya riwayat jantung atau penyakit berbahaya, tidak memakai kacamata, dan tentunya harus bebas narkoba, tinggi badan mininal 160 centimeter,” papar Broer.

Untuk pendidikan, minimal calon masinis memegang ijazah SMA atau sederajat, selanjutnya, semua persyaratan umum harus dimiliki termasuk nilai ijazah yang rata-rata 7.

“Setelah semua proses dilewati, calon masinis harus mengikuti diklat,” tutur Broer.

Diklat yang dilakukan bertahap selama satu tahun, hasilnya, calon masinis akan mengantongi sertifikasi KO 61, dilanjutkan diklat selanjutnya untuk mengantongi KO 62.

Untuk KO 62, calon masinis akan berperan sebagai co-masinis dan belum diizinkan membawa kereta berpenumpang sendiri tanpa pendamping.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved