Breaking News:

Lingkungan

Tiga Pohon Beringin di Sawah Besar Dilakukan Penopingan Sebagai Langkah Mengantisipasi Pohon Tumbang

Sejumlah tiga buah pohon pelindung jenis beringin di Sawah Besar dilakukan penopingan oleh Petugas Kehutanan.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Sejumlah petugas kehutanan Sawah Besar tengah melakukan penopingan pohon di Jalan Pintu Air Raya Pasar Baru, Jakarta Pusat. 

Guna mengantisipasi terjadi pohon tumbang saat musik penghujan, tiga buah pohon pelindung jenis beringin di Sawah Besar dilakukan penopingan oleh Petugas Kehutanan.

Pohon pelindung berusia puluhan tahun ini dilakukan penopingan karena ranting pohon sudah lebat, sehingga perlu dilakukan penopingan.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpol) Kehutanan Kecamatan Saber, Munir mengatakan ada delapan petugas yang dikerahkan untuk melakukan penopingan pohon ini.

"Tentu dengan penopingan ini mengantisipasi terjadinya pohon tumbang, apalagi saat musim penghujan, ranting yang lebat kita toping, jangan sampai mengenai kabel udara," kata Munir, Kamis (21/11/2019).

Seorang Wanita Ketakutan Dikejar Pengemudi Mobil Telanjang yang Berupaya Menerkam Korban di Jalan

Selain itu penopingan tiga pohon Beringin tersebut juga menindaklanjuti laporan dari Pedagang Kaki Lima (Loksem) JP 52 Jalan Pintu Air Raya, Pasar Baru. Para petugas melakukan penopingan secara manual.

Adapun alat-alat manual yang digunakan diantaranya mesin Chansaw, golok dan tali tambang, beberapa petugas juga memanjat pohon itu untuk ditoping.

"Kita lihat tiga pohon beringin ini juga menutupi kabel utilitas dan lampu PJU di kawasan Jalan Pintu Air Raya," katanya.

Pendapatan Asli Daerah Kota Bekasi Kurang Rp 1 Triliun Meski Hanya Sisa 40 Hari Tahun Anggaran 2019

Nantinya, seluruh bekas penopingan diangkut dengan satu truk Kendaraan Dinas Operasional (KDO) mengerahkan delapan Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) Sudin Kehutanan.

"Bekas sampah penopingan langsung dibuang ke Jagakarsa lahan milik Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan," ucapnya.

Tampak, sejumlah petugas kehutanan Sawah Besar tengah melakukan penopingan pohon di Jalan Pintu Air Raya Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Terungkap Seharusnya Pahlawan Revolusi Pierre Tendean dan Rukmini Bisa Merayakan 55 Tahun Pernikahan

Halaman
1234
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved