Perusahaan-perusahaan Industri di Wilayah Banten Diimbau Jangan Lupa Merekrut Tenaga Kerja Sekitar

“Permasalahan Banten saat ini tidak bisa dipungkiri tingginya angka pengangguran,” kata Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy

Perusahaan-perusahaan Industri di Wilayah Banten Diimbau Jangan Lupa Merekrut Tenaga Kerja Sekitar
Dinas Kominfo Pemerintah Provinsi Banten
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat meninjau proses revitalisasi Kawasan Banten Lama, akhir pekan lalu. 

Perusahaan industri di wilayah Kabupaten Tangerang adalah diimbau untuk semakin memperhatikan penyerapan tenaga kerja yang berasal di sekitarnya.

Pasalnya, Provinsi Banten mengalami permasalahan angka pengangguran yang tinggi di Tahun 2019 ini adalah dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 8,11 persen.

“Permasalahan Banten saat ini tidak bisa dipungkiri tingginya angka pengangguran,” kata Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy di acara ground breaking perluasan fasilitas produksi PT Cabot Indonesia di Cilegon, Banten, Kamis (21/11/2019).

Dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik Provinsi Banten sampai pada bulan Agustus 2019, terdapat sekitar 491.000 orang menganggur.

Meski TPT di Banten cenderung turun dari 8,52 persen di tahun 2018 menjadi 8,11 persen di tahun 2019, akan tetapi Banten menjadi provinsi dengan angka pengangguran tertinggi di Indonesia.

“Pemerintah daerah akan mendukung (perusahaan industri) tapi Kami meminta juga industri di Provinsi Banten juga memperhatikan penyerapan tenaga kerja yang ada di Banten,” ujar Andika.

Dari delapan kota kabupaten di Banten, angka pengangguran tertinggi berada di Kabupaten Tangerang dengan jumlah 164.000 orang yang tidak bekerja.

Sementara itu, masih dari data Badan Pusat Statistik tahun 2019, presentase pencari kerja yang merupakan lulusan SMA atau SMK di Banten mengalami peningkatan menjadi 55,24 persen dari 52,81 persen di Agustus 2018.

Preman Jalan Ceger Yang Menghajar Pengemudi Mobil Ditangkap Polisi Lagi Duduk-duduk di Pinggir Jalan

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved