Minta Polemik Ucapan Sukmawati Dimediasi, Maruf Amin: Kita Sudah Terlalu Sering Ribut

Maruf Amin meminta polemik ucapan Sukmawati Sukarnoputri yang diduga membandingkan Nabi Muhammad SAW dan Soekarno, diselesaikan lewat jalur mediasi.

Minta Polemik Ucapan Sukmawati Dimediasi, Maruf Amin: Kita Sudah Terlalu Sering Ribut
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sukmawati Soekarnoputri berjalan usai berbicara kepada wartawann di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018). Ia meminta maaf dan mengatakan tidak berniat menghina umat Islan Indonesia dengan puisi yang dibacakannya pada saat pageralan 29 tahun Anne Avantie. Dia mengaku sebagai seorang muslimah yang bersyukur dan bangga akan keislamannya. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

WAKIL Presiden Maruf Amin meminta polemik ucapan Sukmawati Sukarnoputri yang diduga membandingkan jasa Nabi Muhammad SAW dan Soekarno, diselesaikan lewat jalur mediasi.

"Penyelesaiannya sebaiknya kalau bisa dimediasi, itu lebih bagus, supaya kita tidak terus berhadapan."

"Cobalah saya usulkan untuk dimediasi saja. Kita ini sudah terlalu sering ribut-ribut," katanya, di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).

Ini Tujuan Ade Armando Posting Meme Anies Baswedan Berwajah Joker

Menurut Maruf Amin, ucapan yang berakhir kontroversial itu memang tidak tepat dikeluarkan, lantaran tidak relevan dibandingkan.

"Memang tidak tepat membandingkan Bung Karno dengan Nabi Muhammad SAW, itu tidak tepat."

"Zamannya berbeda, ketokohannya berbeda. Bung Karno sendiri nabinya Nabi Muhammad SAW," kata Ketua MUI ini.

Minta Pegawainya Tak Berkopiah Saat Tugas, Ketua KPK: Bayangkan Kalau yang Ditangkap dari Agama Lain

"Bung Karno juga mengaku nabinya Nabi Muhammad SAW, dia muslim. Membandingkan Nabi Muhammad dengan Soekarno itu tidak sebanding, tidak tepat," paparnya.

Berkaca dari kasus tersebut, Maruf Amin meminta siapa pun untuk tidak mengeluarkan ucapan yang mengandung muatan sensitif.

"Bikinlah narasi-narasi yang membawa kerukunan, jangan narasi konflik. Baik agama maupun pandangan-pandangan yang bisa menimbulkan konflik itu dijauhkan."

Ade Armando Siap Mediasi dengan Fahira Idris, tapi Takkan Berhenti Kritik Anies Baswedan

"Gimana membangun narasi-narasi yang memang membawa kerukunan, keutuhan, kesatuan, kasih sayang, saling mencintai," harap Maruf Amin.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved