Breaking News:

Wisuda TA 2018/2019, Rektor UKI : Tingkatkan Kemampuan Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Seluruh Civitas Academica UKI harus meningkatkan kemampuan agar siap menghadapi perubahan yang sedang terjadi di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Ichwan Chasani
dok. Humas UKI
Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono mengukuhkan wisudawan Tahun Akademik 2018/2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta (19/11). 

JAKARTA - Universitas Kristen Indonesia (UKI) menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka pelantikan wisudawan Tahun Akademik 2018/2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta (19/11).

Dalam wisuda kali ini, UKI  mencetak lebih kurang 810 orang lulusan, yang terdiri dari 80 orang lulusan program magister, 617 orang lulusan program sarjana dan 113 orang lulusan program diploma.

Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono, mengatakan seluruh Civitas Academica UKI harus meningkatkan kemampuan agar siap menghadapi perubahan yang sedang terjadi di era revolusi industri 4.0 saat ini.

“Kita memasuki era revolusi industri 4.0. Kompleksitas, besarnya risiko, perubahan cepat   yang tengah kita hadapi sekarang ini karena hadirnya era  4.0  telah menghentak kita semua karena perubahan demi perubahan terjadi demikian cepat. Belum lagi kita menyikapi satu perubahan, kita sudah masuk pada perubahan berikutnya. Di era inilah kita menyadari bahwa diperlukan kompetensi-kompetensi tertentu, seperti bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, kemampuan berkomunikasi, kreativitas, inovasi dan kemampuan  teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” kata Dhaniswara.

Karena itu, Dhaniswara meminta kepada para lulusan baru untuk mengembangkan sikap belajar sepanjang hayat (lifelong learning). 

“Sikap belajar sepanjang hayat menjadi penting  karena membuat kita tak tergerus oleh perubahan atau generasi berikutnya,” ujarnya.

Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono memberikan sambutan saat pengukuhan wisudawan Tahun Akademik 2018/2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta (19/11).
Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono memberikan sambutan saat pengukuhan wisudawan Tahun Akademik 2018/2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta (19/11). (dok. Humas UKI)

Smart user

Dalam kata sambutannya, Pelaksana Tugas Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta M. Samsuri, mengungkapkan bahwa keseimbangan antara hard skills dan soft skills harus dimiliki setiap wisudawan/wisudawati untuk bisa menjadi smart user di era teknologi 4.0 / Society 5.0.

“Munculnya tantangan dan profesi-profesi baru harus mampu dihadapi generasi muda yang  hidup berdampingan dengan teknologi. Wisuda juga dapat dijadikan sebagai titik perubahan atau transformasi bagi lulusan untuk kehidupan yang lebih baik dan siap beradaptasi dengan berbagai perubahan. Oleh karena hal yang paling penting setelah wisuda adalah bagaimana terus menerus belajar untuk memiliki masa depan,” papar Samsuri.

Saat berdiri di depan podium mewakili teman-temannya, Gradiola Stacie Oley, wisudawan asal Manado, Sulawesi Utara dari Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, menyampaikan bahwa kelulusan sepatutnya menyadarkan wisudawan untuk siap menciptakan solusi dalam setiap problematika sosial yang ditemui.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved