Waspada DBD dan Leptospirosis di Kabupaten Bogor

Waspada DBD dan Leptospirosis di Kabupaten Bogor. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Waspada DBD dan Leptospirosis di Kabupaten Bogor
WARTA KOTA/ADI KURNIAWAN
Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kab Bogor, Intan Widayati. 

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor meminta kepada seluruh warga untuk mewaspadai DBD dan leptospirosis, karena sekarang ini memasuki pancaroba yakni peralihan musin panas ke musim hujan.

"Imbauan saja buat masyarakat di Kabupaten Bogor, sehubungan mulai memasuki musim penghujan diharapkan agar seluruh lapisan masyarakat bersinergi bersama untuk membersihkan lingkungan secara serentak terutama tempat2 yang berpotensi menimbulkan genangan air," kata Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kab Bogor, Intan Widayati kepada Warta Kota, Rabu (20/11).

Menurutnya, hal ini untuk menghindari adanya perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti yang dapat menghantarkan penyakir DBD.

Kemenpora Tanggapi Serius Insiden Penyerangan Suporter Indonesia di Malaysia

Selain membersihkan tempat yang berpotensi genangan air juga melakukan kebersihan dalam rumah untuk menghindari gigitan nyamuk.

Selain waspada dengan DBD diharpakan masyarakat waspada juga dengan adanya tikus-tikua liar yang masuk ke rumah, Oleh karena itu diharapkan masyarakat juga membersihkan got, menghindari adanya sisa makanan dan makanan yang terbuka di rumah sehingga mengundang tikus masuk.

"Tikus ini berpotensi menularkan penyakit leptospirosis yang mungkin masih belum awam di masyarakat," ujarnya.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran melalui puskesmas untuk koordinasi dengan lingkungan sekitar di wilayah masing-masing untuk kewaspadaan DBD. Kami sosialisasi melalui mdia elektronik seperti siaran radio," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin juga sudah menginstruksikan bersih-bersih serenta. "Bupati Bogor juga sudah instruksikan bersih-bersih serentak," tegasnya.

Foto Ahok Seragam Pertamina Diakui Editan, Makin Besar Penolakan Kian Yakin Ahok Cocok di Pertamina

Intan pun mengakui bahwa di Kabupaten Bogor sempat terjadi peningkatan warga inap penyakit DBD sekitar pada awal tahun 2019, yakni sejak Januari hingga Februari. "Tapi saya lupa jumlahnya" selorohnya. 

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved