Breaking News:

Disabilitas

Return to Work BPJS Ketenagakerjaan Cegah Pekerja Alami Resiko Sosial

Program Jaminan Kecelakaan Kerja - Return to Work BPJS Ketenagakerjaan diyakini mampu mencegah pekerja yang mengalami disabilitas pascakecelakaan.

Wartakotalive.com/Luthfi Khairul Fikri
Rombongan disabilitas mengunjungi Stasiun dan Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/9/2019). 

Program Jaminan Kecelakaan Kerja - Return to Work (JKK-RTW) BPJS Ketenagakerjaan diyakini mampu mencegah pekerja yang mengalami disabilitas pascakecelakaan dari resiko sosial.

Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Eko Darwanto mengatakan, program itu dilaksanakan ketika peserta yang mengalami kecelakaan kerja, ingin mengembalikan kepercayaan diri agar bisa kembali bekerja.

"Karena kalau nggak masuk ke kita, para pekerja itu akan mengalami resiko sosial dan berdampak pada kemiskinan pekerja tersebut," ucapnya, Selasa (19/11/2019).

Secara umum seluruh pekerja di Indonesia menjadi sasaran utama program Return to Work khususnya para peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pasalnya, mereka yang tidak terdaftar sebagai peserta, tidak bisa memanfaatkan program itu.

 18 Hari Jenderal Idham Azis Jabat Kapolri, Mengapa Posisi Kabareskrim Tetap Kosong?

 ALIRAN SESAT di Kabupaten Bekasi Berkembang Pesat, Ini yang Dilakukan Pihak Kepolisian

 POLITISI Gerindra Beberkan Daftar Penistaan Agama Sukmawati Soekarnoputri,Peringatkan Agar Hati-hati

 Hanif Dhakiri Sarapan Bareng Ahok, Mantan Menteri Jokowi Ini Ungkap Sebentar Lagi Istri BTP Lahiran

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif mengatakan, masih banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang enggan datang ke rumah sakit ketika mengalami kecelakaan kerja.

"Ada karena masih pengobatan altenatif atau mereka tidak tahu ada program Return to Work BPJS Ketenagakerjaan, diurusin sampai kembali bekerja," katanya.

Deputi Direktur BPJS Keternagakerjaan Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring mengatakan dengan program Return to Work dan pola pembiayaan yang unlimited, peserta dan perusahaan dapat merasakan wujud nyata manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja,

 BREAKING NEWS: TK Islam Terpadu di Cibarusah Bekasi Dilempari Batu, Pelakunya Tetangganya Sendiri

"Jadi perusahaan jangan ragu untuk melaporkan kecelakaan yang terjadi dan menggunakan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja yang bekerja sama dengan kami yang telah tersebar di seluruh Indonesia," ujar Cotta. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved