Travel

Kembangkan Wisata Kesehatan, Menkes Terawan Incar Wisatawan Asing dan Domestik

Kementerian Kesehatan ikut ambil andil dalam meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonedia dengan mewujudkan pelaksanaan wisata kesehatan.

Kembangkan Wisata Kesehatan, Menkes Terawan Incar Wisatawan Asing dan Domestik
Tribunnews/Apfia Tioconny Billy
Menkes Terawan Agus Putranto dan Menparekraf Wishnutama saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019). 

Kementerian Kesehatan ikut ambil andil dalam meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonedia dengan mewujudkan pelaksanaan wisata kesehatan.

Berdasarkan konsep dan peta jalan pengembangan wisata kesehatan ada empat aspek yang akan menjadi konsen pemerintah.

Keempatnya yakni wisata medis, wisata kebugaran dan jamu, wisata olahraga yang mendukung kesehatan dan wisata ilmiah kesehatan.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyebutkan selain untuk meningkatkan jumlah wisatawan, ada target lainnya yang ingin dicapai dengan mempetakan aspek wisata kesehatan tersebut.

Pertama, perbaikan sektor kesehatan untuk mencegah wisatawan domestik alias warga Indonesia itu sendiri pergi berwisata kesehatan ke luar negeri.

“Kita harus tingkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan bisa bersaing, bisa diterima oleh masyarakat Indonesia kalau tidak ya pasti mereka tetap saja akan melakukan perjalanan wisata kesehatan ke mancanegara,” kata Menkes Terawan saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

 18 Hari Jenderal Idham Azis Jabat Kapolri, Mengapa Posisi Kabareskrim Tetap Kosong?

 ALIRAN SESAT di Kabupaten Bekasi Berkembang Pesat, Ini yang Dilakukan Pihak Kepolisian

 POLITISI Gerindra Beberkan Daftar Penistaan Agama Sukmawati Soekarnoputri,Peringatkan Agar Hati-hati

 Hanif Dhakiri Sarapan Bareng Ahok, Mantan Menteri Jokowi Ini Ungkap Sebentar Lagi Istri BTP Lahiran

Kemudian peningkatan kualitas wisata kesehatan di Indonesia bertujuan untuk menambah lama durasi wisatawan mancanegara berkunjung di Indonesia.

Jika semakin lama durasi kunjungan wisatawannya asing lama di Indonesia maka potensi mereka menghabiskan uang di Indonesia juga akan lebih besar yang berarti ada peningkatan devisa.

“Makanya pada setiap travel peta tematik wisata kesehatan ya ya dipermudah dengan sistem pembayarannya mau pakai EDC, tap atau asuransi pokoknya harus dipermudah,” kata Menkes Terawan.

Untuk menarik minat wisata asing terhadap sektor kesehatan di Indonesia Kementerian Kesehatan juga telah membentuk Tim Gugus Tugas Pelaksanaan Pengembangan Wisata Kesehatan.

 SATPAM ILEGAL Sudah Berkali-kali Dirazia Tapi Tetap Membandel, Polda Metro Jaya Ancam Beri Sanksi

Tim tersebut beranggotakan lintas program, lintas kementerian, pelaku bisnis, akademisi, media, masyarakat dan stakeholders non pemerintah. (Apfia Tioconny Billy)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved