Berita Video

VIDEO: Tergerus Ojek Online, Pengemudi Becak Motor di Jakarta Barat Mengaku Omzet Anjlok

"Sekarang boro-boro dapat Rp200 ribu, dapat Rp50 ribu saja sudah syukur," kata Mursin saat ditemui di pangkalan Bentor di Komplek Taman Aries, Jakarta

VIDEO: Tergerus Ojek Online, Pengemudi Becak Motor di Jakarta Barat Mengaku Omzet Anjlok
Warta Kota
Mursin pengemudi Becak motor (Bentor) di Komplek Taman Aries, Jakarta Barat 

Senasib dengan angkutan lainnya, Becak Motor (Bentor) hilang popularitas sejak kemunculan transportasi online. Omset pengemudi turun drastis sejak transportasi online merajalela di Jakarta.

Hal itu diakui seorang pengemudi Bentor di Komplek Taman Aries, Jakarta Barat Mursin (63).

"Sekarang boro-boro dapat Rp200 ribu, dapat Rp50 ribu saja sudah syukur," kata Mursin saat ditemui di pangkalan Bentor di Komplek Taman Aries, Jakarta Barat, Senin (18/11/2019).

Mursin menjelaskan, dulu Bentor memang pernah menjadi kendaraan favorit penghuni komplek. Umumnya pengguna ialah para wanita yang hendak ke pasar atau turun dari angkutan umum.

"Tapi sekarang sudah tidak lagi, semua tinggal pesan lewat internet," kata Mursin.

Sehari-hari Mursin dan pengemudi Bentor lainnya hanya mengandalkan langganan. Namun para langganan mereka semakin hari semakin berkurang.

"Dulu banyak karyawan, anak sekolah, turun dari angkutan umum naik Bentor, tapi sekarang yang naik angkutan umum saja sepi," kata Mursin.

Saat ini tinggal tersisa 5 bentor di Jakarta Barat. Semuanya hanya mangkal di Komplek Taman Aries, Kembangan persis di samping Bank Bukopin.

Umur menjadi alasan utama Mursin bertahan menjadikan bentor sebagai mata pencarian utamanya.

"Habis bagaimana lagi, umur sudah seperti ini, gak mungkin beralih ke transportasi online seperti yang lain," kata Mursin.

Pria yang sudah 28 tahun menjadi pengemudi Bentor itu pun tidak banyak berahap dengan transportasi yang mulai tergerus zaman itu.

"Harapannya ya tidak ada, sudahlah begini-begini saja gak nambah armada lagi dan gak kurangi armada lagi," jelas Mursin. (m24)

Penulis: Desy Selviany
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved