Breaking News:

Jalan Berbayar

Penerapan ERP Jalan Kalimalang Harus Disiapkan Jalur Alternatif dan Sarana Penunjang

Penerapan ERP Jalan Kalimalang Harus Disiapkan Jalur Alternatif dan Sarana Penunjang seperti park and ride

Penulis: Muhammad Azzam | Editor:
Warta Kota/Muhammad Azzam
Jalan Raya Kalimalang atau KH Noer Ali Kota Bekasi yang direncanakan bakal diterapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di Jalan Kalimalang Kota Bekasi oleh BPTJ. 

Dewan Transportasi Kota Bekasi (DKTB) menyambut baik rencana penerapan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di Jalan Kalimalang Kota Bekasi oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada 2020.

Akan tetapi penerapan itu harus dipersiapkan jalur alternatif dan sarana penunjangnya.

Demikian yang disampaikan Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB), Harun Ar Rasyid kepada Wartakota, Jumat (15/11/2019).

Harun menerangkan jalur alternatif saat penerapan ERP wajib disiapkan karena itu hak pengendara yang tidak ingin masuk ERP.

"Memang ERP ini harus memiliki jalur alternatif, jadi jangan sampai kemudian masyarakat yang tidak menginginkan ERP, dia terpaksa melalui jalan itu, bukan ERP jadinya tapi electronic road law (ERL)," jelas Harun.

BPTJ akan Terapkan ERP di Tiga Ruas Jalan Nasional Ini pada 2020

Kemudian, sarana penunjang juga perlu dipersiapkan seperti park and ride, hingga tranportasi publik yang memadai.

"Kalau publik transport itu berhasil melalui ERP maka harus disiapkan juga park and ride nya, agar orang kalau mau naik itu ada parkirnya," ucap dia.

Sarana penunjang lainnya juga, lanjut dia, ada bus feeder dari pemukiman warga untuk menuju ke transportasi umum seperti terminal, stasiun, maupun halte.

"Jadi perlu juga angkutan dari pemukiman menuju ke lokasi transportasi umum. Intinya kan masyarakat ingin naik angkutan umum yang nyaman dan aman," kata dia.

Ia mengatakan ERP ini telah diterapkan di beberapa negara. Penerapan itu difungsikan untuk menekan angka penggunaan kendaraan pribadi dan juga sebagai peningkatan pendapatan.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved