NextICorn 2019 Digelar, Fintech Masih Primadona

total 103 perusahaan rintisan atau start up lokal dan 126 investor dari beberapa negara untuk bertemu dan menghasilkan kerjasama bisnis.

Editor:
thinkstockphotos
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Perhelatan program Next Indonesia Unicorn (NextICorn) Summit yang kedua digelar di Jimbaran, Bali, 14 sampai 15 November 2019.

Tahun ini, NextICorn mengumpulkan total 103 perusahaan rintisan atau start up lokal dan 126 investor dari beberapa negara untuk bertemu dan menghasilkan kerjasama bisnis.

Daniel Tumiwa, Ketua Umum dari Yayasan NextICorn, mengatakan, tahun ini startup lokal yang berpartisipasi masih didominasi dari sektor financial technology (fintech) yakni sebanyak 36 start up.

Populasi lainnya ditempati sektor e-commerce sebanyak 13 start up, 12 start up otomotif, lalu lima adtech, tiga edutech, tiga data research tech, empat entertainment, dua medical tech start up, delapan emerging tech, dua marketplace, empat human resources start up, dan lain-lain.

Demam Grabwheels, Berikut Ini Daftar Harga Skuter Listrik di Indonesia

Investor yang hadir dan berpartisipasi kebanyakan berasal dari lokal, sebanyak 63 investor.

Lalu, Singapura sebanyak 29 investor.

Selain itu ada 6 investor dari Korea Selatan, 17 investor dari Jepang dan China, 14 investor dari Amerika Serikat, dua investor dari Belanda, lima investor dari Malaysia, lima investor dari Australia.

Juga ada dari Hongkong, Spanyol, sampai Selandia Baru.

"Secara persentase, investor lokal sebanyak 37 persen, sisanya 63 persen adalah investor asing," kata Daniel, Kamis (14/11/2019).

Yahoo Jepang Melakukan Penjajakan Merger dengan Line

Lebih lanjut, berdasarkan data yang dihimpun oleh tim NextICorn, para investor tahun ini memiliki ketertarikan membidik beberapa startup dari sektor tertentu.

Sektor fintech masih menjadi primadona, sebesar 35,9 persen, diikuti sektor retail dan e-commerce sebesar 9,8 persen.

Sektor agriteknologi, eduteknologi dan logistik masing-masing mengundang ketertarikan para investor sevesar 8,9 persen, 6,5 persen, dan 4,4 persen.

Daniel mengatakan, biasanya para investor sudah tahu dan mempelajari visi dan misi beberapa start up yang dibidik.

Mereka lantas menggunakan ajang NextICorn untuk mengkaji lebih jauh dan bertemu langsung.

Hasil Investasi BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp 22,5 Triliun Hingga September 2019

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved