Breaking News:

Jalan Berbayar

Dewan Transportasi Minta Penerapan ERP Jalan Kalimalang Kota Bekasi Tidak Berlaku untuk Motor

Dewan Transportasi Minta Penerapan ERP Jalan Kalimalang Kota Bekasi Tidak Berlaku untuk Motor. Jalan Berbayar Akan Diterapkan Tahun 2020 Oleh BPTJ

Penulis: Muhammad Azzam | Editor:
Warta Kota/Muhammad Azzam
Jalan Raya Kalimalang atau KH Noer Ali Kota Bekasi yang direncanakan bakal diterapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di Jalan Kalimalang Kota Bekasi oleh BPTJ. 

Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB), Harun Ar Rasyid memberikan masukkan agar penerapan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) alias jalan berbayar di Jalan Kalimalang hanya untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Penerapan ERP tidak disarankan untuk sepeda motor.

"Ya kalau ke motor kebijakan ini menjadi tidak rasional, karena kebijakan itu untuk kendaraan roda empat. Di beberapa negara yang lebih dulu terapkan itu dikhususkan hanya mobil saja," ujar Harun kepada Wartakotalive.com, Jumat (15/11/2019).

Masuk Jalan Nasional, 3 Jalan Ini Akan Gunakan Sistem ERP pada Tahun 2020 Mendatang

Harun tak menapik penerapan ERP terhadap sepeda motor akan sangat meningkatkan pendapatan jalan berbayar itu. Hal itu dikarenakan jumlah sepeda motor yang cukup banyak.

Motor juga bisa mencari jalan lebih kecil atau alternatif dari pada kendaraan roda empat.

"Kalau untuk motor tentu pendapatannya besar, karena jumlah motor juga kan besar ya. Nah cuman dari sisi kemanfaatannya itu apakah itu akan lebih baik atau tidak. Kasihan juga para ojol, dan rata-rata penghasilan pengendara motor itu minim," ungkap dia.

Penerapan ERP Jalan Kalimalang Harus Disiapkan Jalur Alternatif dan Sarana Penunjang

Kemudian, lanjut Harun, penerapan ERP bagi mobil lebih mudah dibandingkan sepeda motor. Sebab, dalam ERP harus ada alat yang dipasang sebagai sistem pembayaran.

"Kalau ERP itu lebih mudah diterapkannya di mobil, karena di situ ada alatnya. Kalau di motor itu mau taruh alat dimana, kan alatnya memang tidak besar tapi cukup memakan tempat juga," kata dia.

Harun menerangkan penerapan itu harus dipersiapkan jalur alternatif dan sarana penunjangnya.

Jalur alternatif saat penerapan ERP wajib disiapkan dikarenakan itu hak pengendara yang tidak ingin masuk ERP.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved