Berita Bogor

Bupati Bogor Bakal Laporkan Wartawan yang Tulis Berita Tendesius Soal Keluarganya Tanpa Konfimasi

Bupati Bogor akan laporkan wartawan atau produk pers yang memberitakan yang isinya memojokkan diri dan keluarganya

Bupati Bogor Bakal Laporkan Wartawan yang Tulis Berita Tendesius Soal Keluarganya Tanpa Konfimasi
M Fikri Setiawan
Bupati Bogor, Jawa Barat Ade Yasin. 

CIBINONG, WARTA KOTA -- Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin menegaskan bahwa dirinya mempunyai hak jawab, melaporkannya ke Dewan Pers dan bahkan berhak pula untuk mempidanakan produk pers dan wartawan terkait isi berita yang cenderung tendensius atau memojokkan diri dan keluarganya.

Hal itu diutarakannya dalam sambutan pengukuhan 71 anggota baru PWI Kabupaten Bogor di Cibinong, Kamis (14/11/2019).

"Silahkan wartawan menulis berita apa saja, tapi jangan tulis berita menyangkut keluarga besar saya. Apalagi tidak ada konfirmasi. Itu pernah saya laporkan terkait persoalan tersebut ke Dewan Pers, akhirnya penulis berita meminta maaf sebanyak 10 kali di koran yang bersangkutan," kata adik kandung Rahmat Yasin.

Menurut Bupati, pihak mendukung kinerja wartawan dan mengkritisi Pemkab.

Pilih Lapor Wartawan Soal Anggaran, Gerindra Nilai Sikap Politik PSI Lebih Mencari Kesalahan Orang

Bupati minta pejabatnya agar transparan memberikan informasi yang ditanyakan wartawan.

"Jangan diumpetin biar transparan, supaya masyarakat dan pihak lain mengetahui informasi dari berita yang disajikan media," ujarnya.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagyo mengaku bahwa dari hasil kajian media ternyata tidak ada pelanggaran pers yang dilakukan wartawan yang tergabung di organisasi kewartawanan tersebut.

"Pelanggaran pers, nyaris tidak ada di Kabupaten Bogor," tegasnya.

Sebanyak 17 anggota Muda PWI Kabupaten Bogor mengucapkan sumpah dan janji wartawan  dalam pengukuhan di Cibinong, Kamis (14/11/2019)
Sebanyak 17 anggota Muda PWI Kabupaten Bogor mengucapkan sumpah dan janji wartawan dalam pengukuhan di Cibinong, Kamis (14/11/2019) (Wartakotalive/Adi Kurniawan)

Sedangkan Ketua Panitia KLW Dauri mengatakan, sebanyak 71 Anggota Muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor dikukuhkan oleh Ketua PWI Jawa Barat (Jabar), Hilman Hidayat,

Dari 71 anggota muda PWI Kabupaten Bogor, mereka sebelumnya lulus seleksi mengikuti Karya Latihan Wartawan (KLW) yang digelar 21 Agustus lalu.

“Ada 71 anggota yang lulus seleksi dari 97 peserta yang mengikuti Karya Latihan Wartawan (KLW) yang digelar PWI Kabupaten Bogor,” kata Dauri.

Dijelaskan Dauri, mereka yang di kukuhkan oleh PWI Cabang Jabar, selain mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA) PWI, juga memperoleh sertifikat KLW dan surat Tanda Lulus dari PWI.

“Diharapkan ke 71 anggota muda ini, kedepan menjadi wartawan profesional, setia pada kode Etik dan tak melanggar rambu-rambu etika ke wartawanan,” jelas Dauri.

Bupati Bogor Persilahkan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Main di Stadion Pakansari

Ke-71 anggota Muda itu mengucapkan sumpah bahwa bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan menjunjung tinggi UU Pokok Pers dan ITE serta menjalankan Kode Etik Jurnalistik dalam bertugas sebagai wartawan. Dan menjaga nama baik Korps PWI.

Dalam pengukukuhan ini, selain dihadiri Bupati Bogor, juga tampak Ketua DPRD kabupaten Bogor, Rudi Susmanto, Ketua PWI Jabar, H Hilman Hidayat, Sekum PWI Jabar, H Wawan Ruswana, Bidang Advokasi Yayan TS, Pimpinan Forkopimda Kabupaten Bogor, Ketua PWI Depok, Tardib, Alfian Mujani, dan sejumlah tamu undangan. (akn)

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved