UMK

Tujuh Anggota APINDO Tidak Ikut Voting Penetapan UMK Kota Bekasi, Ini Alasannya

Tujuh Anggota APINDO Tidak Ikut Voting Penetapan UMK Kota Bekasi, Ini Alasannya. yakni Perusahaan tidak hanya skala besar, namun ada juga UMKM

Tujuh Anggota APINDO Tidak Ikut Voting Penetapan UMK Kota Bekasi, Ini Alasannya
Warta Kota/Muhammad Azzam
Nugraha salah satu anggota dewan pengupah dari APINDO Kota Bekasi. 

Upah Minimum Kota/ Kabupaten (UMK) Kota Bekasi disepakati naik sebesar Rp 8,51 persen atau senilai Rp 4.589.708, pada Kamis (14/11/2019).

Kesepakatan itu berdasarkan hasil voting para peserta rapat dewan pengupah dalam penetapan nilai kenaikan UMK di Kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi.

Seluruh dewan pengupah dari berbagai unsur melakukan voting untuk menentukan nilai kenaikan UMK. Akan tetapi seluruh anggota APINDO tak ada yang ikut voting.

UMK Kota Bekasi 2020 Diputuskan Rp 4.589.708 Berdasarkan Voting, APINDO Tidak Ikut Voting

Nugraha salah satu anggota dewan pengupah dari APINDO Kota Bekasi. mengatakan alasanny pihak APINDO menolak voting karena tidak setuju adanya UMK Kota Bekasi.

"Intinya kami APINDO Kota Bekasi menolak UMK 2020. Anggota hadir semua 7 orang tidak ada yang mengikuti voting," ujar dia kepada awak media di Kantor Disnaker Kota Bekasi, Kamis (14/11/2019).

Adapun alasan APINDO Kota Bekasi tidak setuju dengan UMK 2020, lanjut Nugraha, dikarenakan belum ada hasil evaluasi UMK 2019 di Kota Bekasi.

Berdasarkan data yang dimilik APINDO, dari sekitar 3.000 lebih perusahaan di Kota Bekasi masih banyak yang belum menjalankan UMK 2019.

"Jadi hanya 30 persen saja perusahaan di Kota Bekasi yang jalankan UMK 2019. 70 persen tidak jalankan, makanya kita minta evaluasi tapi tidak juga ada hasilnya. Baik dari provinsi atau pemkot," ungkap dia.

Atas hal tersebut, APINDO menilai Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemkot Bekasi tidak menjalankan regulasi dan pengawasan dengan baik.

Padahal yang dimaksud perusahaan itu tidak hanya perusahaan besar, akan tetapi juga UMKM, usaha kecil maupun usaha menengah.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved