Viral Medsos

BPTJ Akan Evaluasi Pengoperasian Skuter Listrik GrabWheels

BPTJ Akan Evaluasi Pengoperasian Skuter Listrik GrabWheels, Apakah Di Jalan Umum atau di Tempat Tertentu

BPTJ Akan Evaluasi Pengoperasian Skuter Listrik GrabWheels
KOMPAS.com/HILEL HODAWYA
Kemudi kendaraan otopet atay skuter listrik Grabwheels, sebuah kendaraan mobilitas jarak dekat yang ramah lingkungan. GrabWheels bisa digunakan dengan memindai QR Code di kemudi kendaraan melalui opsi e-scooter di aplikasi Grab. 

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Bambang Prihartono mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi atas kehadiran otopet alias skuter listrik GrabWheels.

Hal ini menyusul terkait beberapa kejadian yang menimpa penguna otopet alias skuter listrik itu, mulai dari penguna skuter masuk ke area JPO hingga penguna skuter tewas akibat ditabrak mobil.

"BPTJ sudah diperintahkan oleh pak menteri berkoorfinasi dengan pihak penyedia jasa untuk melakukan evaluasi," kata Bambang, Kamis (14/11/2019).

Menurut Bambang, sebelum skuter listrik itu beroperasi pihaknya sudah melakukan kajian terhadap pengunaanya.

Ia menyebut jika kegunaan skuter listrik itu berada di tempat tertutup yang tidak melintasi jalan raya, seperti GBK ataupun Bandara.

Namun seiringnya waktu, transportasi jarak pendek ini berubah, dimana banyak di kalangan remaja sebagai pengunanya, lebih cenderung memanfaatkan skuter listrik itu sebagai just for fun atau menikmati keindahan jakarta.

Apalagi banyak penggunanya merupakan anak-anak usia SMP dan SMA yang cenderung kurang memahami kegunaan transportasi jarak pendek itu.

"Untuk itu tugas ke depan BPTJ untuk mengevaluasi bersama grab untuk keselamatnya," ujarnya.

Terkait rencana regulasi, Bambang menyebut akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan penyedia jasa skuter listrik itu.

Sementara ia lebih menyarankan agar skuter listrik itu digunakan pada ruangan tertutup seperti GBK Senayan maupun Bandara.

Halaman
123
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved