2 Kali Uji Coba Lawan Iran, Indra Sjafri Punya Misi Terselubung Bersama Timnas U-23 Indonesia

Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri menjadikan uji coba lawan Iran sebagai simulasi untuk menentukan kerangka terbaik menyusun komposisi timnya.

PSSI.org
Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23, Indra Sjafri 

Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri menjadikan uji coba lawan Iran sebagai simulasi untuk menentukan kerangka terbaik menyusun komposisi timnya.

Timnas U-23 Indonesia akan menjalani dua pertandingan uji coba internasional menghadapi Timnas Iran.

Dua laga uji coba internasional itu digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali pada Rabu (13/11/2019) dan Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (16/11/2019).

Timnas U-23 Indonesia
Timnas U-23 Indonesia (PSSI.org)

Agenda pertandingan uji coba ini sengaja dibuat tim pelatih Timnas U-23 untuk mematangkan tim sebelum berlaga di ajang Sea Games 2019.

Evan Dimas Resmi Perkuat Timnas U-23, Indra Sjafri Masih Rahasikan Identitas Satu Pemain Senior Lain

Pelatih kepala Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri mengatakan pertandingan uji coba ini dijadikan sebagai simulasi untuk menentukan kerangka terbaik dalam menyusun komposisi timnya.

Evaluasi kekurangan yang sudah dilakukan tim pelatih Garuda Muda akan diaplikasikan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan di laga menghadapi Iran.

"Pertandingan uji coba di China kita dapat evaluasi, apa sih yang harus kita perbaiki waktu itu. Makanya uji coba lawan Iran ini kita mau lihat apa yang sudah kita perbaiki tercermin di pertandingan," kata Indra Sjafri kepada awak media.

Timnas U-23 seusai latihan.
Timnas U-23 seusai latihan. (Warta Kota/Gopis Simatupang)

Pelatih asal Sumatera Barat itu memiliki pertimbangan lain menurunkan seluruh pemainnya dalam pertandingan uji coba internasional tersebut.

Hal ini perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana kualitas para pemain yang dirasa masih belum cukup membuat tim pelatih Timnas U-23 Indonesia puas.

Evan Dimas Resmi Perkuat Timnas U-23, Indra Sjafri Masih Rahasikan Identitas Satu Pemain Senior Lain

Indra Sjafri beserta jajaran tim pelatih Garuda Muda akan memantau dan melihat secara langsung kualitas para pemain di pertandingan uji coba menghadapi Iran.

"Tapi karena perlu memberikan kesempatan kepada pemain yang kami anggap belum yakin terhadap mereka, kita berikan pertandingan di Bali. Oleh sebab itu dua pertandingan ini yang di Pakansari adalah pertandingan simulasi terakhir, bentuk atau cara bermain atau kualitas timnas sebelum berangkat ke Manila," tambahnya.

Lebih lanjut, Indra mengatakan di laga uji coba nanti akan melakukan pergantian sebanyak 6 pemain.

Indra Sjafri Antusias Sambut Kehadiran 3 Pemain Senior di Timnas U-23 Indonesia

Pergantian itu sengaja dilakukan untuk melihat sejauh mana para pemain bisa menyerap taktik dan strategi dari tim pelatih Timnas U-23 Indonesia.

"Kalau nanti sore kita akan mengganti dengan maksimal pergantian yang disepakati kalau gak salah 6. Kita akan lakukan pergantian 6 pemain," paparnya.

Setelah uji coba pertama di Bali, Indra Sjafri akan langsung memangkas tim menjadi 20 pemain terpilih yang berlaga di Sea Games 2019.

Jelang SEA Games 2019, Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafrie Mulai Terapkan Latihan Strategi

Indra menjelaskan, di pertandingan uji coba kedua di Stadion Pakansari diisi para pemain terbaik dan terpilih Timnas U-23 Indonesia.

Sistem dan skema pertandingan di uji coba kedua diharapkan bisa berjalan optimal bagi skuat Garuda Muda.

"Jadi akan kita turunkan pemain yang berbeda. Di Pakansari baru fix tim yang kita harapkan, dan simulasinya pun kami akan mengganti 3 pemain," tutur mantan pelatih Bali United tersebut. (Wahyu Septiana)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved