Berita Video

VIDEO: Pohon Angsana di Cikini Ditebang, Ketua Komisi D DPRD Sarankan Ganti Pohon Kurma

"Karena ini sudah ditebang kita rekomendasikan untuk ditanam pohon kurma. Tapi untuk pohon yang lain kita harap jangan sampai ditebang kembali," kata

VIDEO: Pohon Angsana di Cikini Ditebang, Ketua Komisi D DPRD Sarankan Ganti Pohon Kurma
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Sejumlah anggota DPRD DKI Komisi D melakukan peninjauan lokasi pohon angsana Jalan Cikini Raya Jakarta Pusat yang telah ditebang akibat revitalisasi trotoar. 

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah merekomendasikan agar pohon angsana di Jalan Cikini Raya Jakarta Pusat yang ditebang diganti dengan pohon kurma.

Hal ini ia ungkapkan setelah melakukan peninjauan lokasi pohon angsana yang ditebang di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

"Karena ini sudah ditebang kita rekomendasikan untuk ditanam pohon kurma. Tapi untuk pohon yang lain kita harap jangan sampai ditebang kembali," kata Ida di Cikini, Selasa (12/11/2019).

Ida sejatinya menyayangkan penebangan pohon angsana itu, sebab pohon yang sudah tumbuh besar ini telah menghijaukan kawasan itu menjadi lebih rindang, namun setelah ditebang justru kawasan itu nampak gersang.

Selain itu ia meminta agar beberapa pohon yang telah ditebang diganti dengan pohon-pohon yang berukuran besar, bukan pohon berukuran kecil. Sebab, tumbuhnya pohon memakan waktu yang cukup lama.

Sedangkan untuk mengantispasi pohon kropos, Komisi D akan rekomendasikan kepada dinas terkait untuk merawat pohon agar pohon itu tidak keropos dengan dilakukan perawatan berkala.

"Saran kami dari Komisi D pohon yang masih bisa dipertahankan. Karena kalau dipotong terus ditanam yang baru kalau pohon itu besar kan butuh waktu," ujarnya.

Dengan rekomendasi penanaman pohon kurma, dikatakan Ida akar dari pohon itu merupakan akar serabut, sehingga tidak merusakam pendestrian, sedangkan rantingnya dapat dihias dengan berbagai lampu hias.

"Kurma itu kalau ditanemin itu bagus.
Itu bisa buat keindahan jalan, nantinya pohon kurma bisa dililitin lampu kecil-kecil kan bagus," ucapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho mengatakan beberapa pohon yang ditebang ditanam kembali dengan pohon akar serabut seperti tabebuya dan pohon palem. Menurut dia, pohon angsana berakar tunggal justru dapat merusak pendestrian.

"Kalo angsana ini kan berakar tunggal, jadi akarnya bisa merusak sebenarnya. Makanya diganti dengan pohon berakar serabut," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved