Ketertiban Umum

Dishub DKI Larang Pengguna Skuter Listrik Melintas di JPO

Dinas Perhubungan DKI melarang pengguna skuter listrik melintas di jembatan penyeberangan orang, karena dianggap mengganggu pejalan kaki.

Dishub DKI Larang Pengguna Skuter Listrik Melintas di JPO
Istimewa
Skuter Listrik Grab Wheels Siap Meluncur di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta 

Dinas Perhubungan DKI melarang para pengguna skuter listrik melintasi jembatan penyeberangan orang (JPO). 

Alasannya, mengganggu kenyamanan pejalan kaki. 

Sejak layanan sewa skuter listrik alias e-scooters diluncurkan di Jakarta, para pengguna otoped makin sering terlihat di berlalu lalang di jalanan Ibu Kota.

Salah satunya di Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman.

Selain berkeliling disekitar area terdekat di Jakarta, keberadaan e-scooters juga kerap kali dijadikan objek untuk diabadikan dalam media sosial mereka.

Hanya saja, belakangan ini muncul adanya pengguna skuter listrik ini memanfaatkan JPO sebagai tempat perlintasan, sehingga mengganggu akses para pejalan kaki.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengatakan, pengguna skuter listrik dilarang melintas di JPO, dan trotoar.

"Saya sampaikan bahwa otopet tidak boleh ada di trotoar karena mengganggu pejalan kaki. Mereka juga nggak boleh beroperasi di JPO," kata Syafrin, Selasa (12/11/2019).

Dinas Perhubungan DKI akan menempatkan petugas untuk berjaga di sekitar JPO agar pengguna skuter listrik itu tidak melintasi JPO.

Keberadaan mereka akan mengganggu para pejalan kaki.

Meskipun belum ada sanksi yang akan diterapkan jika adanya pelanggaran, saat ini Dinas Perhubungan DKI mengimbau kepada pengguna skuter listrik itu.

"Iya nanti ada sanksinya, tapi sekarang kita sifatnya preventif preemptif. Jadi ketika mereka coba masuk ke trotoar kita coba ingatkan. Yang masuk ke JPO kita larang untuk naik," ucapnya.

Akun instagram Bina Marga DKI menampilkan beberapa foto-foto pengguna skuter listrik tengah melintas di area JPO Gelora Bung Karno.

Foto-foto itu antara lain memperlihatkan lantai JPO yang tergores bekas jejak ban para pengguna skuter listrik yang melintas. 

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved