Kabinet Jokowi

Inilah Konsep Pertahanan Negara Ala Prabowo Subianto, Jelaskan Indonesia Hilang Jika Tak Lakukan Ini

Prabowo Subianto jelaskan konsep hamkamneg dan ingin TNI terkuat di kawasan regional. Infrastruktur boleh, tapi pertahanan lemah, Indonesia hilang."

Inilah Konsep Pertahanan Negara Ala Prabowo Subianto, Jelaskan Indonesia Hilang Jika Tak Lakukan Ini
(KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES)
Menhan Prabowo Subianto paparkan strategi pertahanan dan keamanan negara (hankamneg) di depann Komisi I DPR, Senin (11/11/2019). 

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto menggadakan rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Senin (11/11/2019) siang ini.

Dalam rapat kerja yang pertama setelah dilantik menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo Subiabto memaparkan strategi pertahanan dan keamanan negara atau strategi hamkamneg Indonesia.

Prabowo Subianto berjanji akan menjadikan kekuatan utama pertahanan Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebagai kekuatan yang disegani di kawasan regional. 

Di samping itu, dalam rapat kerja itu juga dikemukakan konsep pertahanan negara ala Prabowo Subianto yang kini menjawab sebagai Menhan.

Konsep pertahanan yang disampaikan Prabowo Subianto mengacu pada tujuan berdirinya sebuah negara, yakni  untuk  melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Surya Paloh Lantik Dirinya Sendiri Setelah Terpilih Lagi Jadi Ketua Umum Partai Nasdem

Dengan tujuan negara seperti itu, kata Prabowo, maka "Pertahanan keamanan negara tidak oleh dipandang sebagai tambahan atau adendum atau keikutsertaan, tapi ini adalah tujuan negara yang pertama."

Prabowo secara tegas mengatakan, "kita boleh membangun infrastruktur yang banyak dan hebat, tapi kalau tak bisa jaga wilayah laut darat dan udara, maka kita akan hilang."

Selanjutnya, kata Prabowo, wawasan pemikiran, doktrin Hamkamneg yang harus disusun dan dirumuskan bersama, akan dikaji kembali.

Kemampuan bertahanan atau kemampuan militer Indonesia bukan bersifat ofensif tapi difensif.

"Jadi wawasan kita adalah defensif, bertahan, menjaga kedaulatan. tidak berniat mengganggu bangsa lain," kata Prabowo Subianto seperti disiarkan Kompas Tv. 

Halaman
123
Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved