Breaking News:

Antisipasi Pohon Tumbang

Walikota Depok Bentuk Tim Khusus Penanganan Bencana Pohon Tumbang

"Pohon yang rawan tumbang ada di jalan provinsi dan nasional. Kita sudah kordinasi dan mendapatkan izin untuk intervensi saat terjadi bencana."

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor:
WARTA KOTA/GOPIS SIMATUPANG
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad 

Menghadapi musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyiapkan tim khusus guna antisipasi bencana banjir, pohon tumbang, dan kemunginan buruk lainnya selama musim hujan.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, tim khusus itu berada di bawah bidang kebencanaan Pemadan Kebakaran Kota Depok.

"Sudah ada tim yang dikordinasikan oleh Asisten Kesbangsos terkait masalah banjir dan pohon tumbang. Dan wilayah kordinasinya langsung dengan bidang bencana yang ada di Damkar (pemadam kebakaran), "ujarnya kepada wartawan di Balai Kota Depok, Jumat (8/11/2019).

Ini Pesan Kepala DLHK Depok Saat Hujan Lebat dan Angin Kencang

Idris mengatakan, terkait pohon tumbang pihaknya sudah melakukan identifikasi.

Pohon yang rawan tumbang ada di jalan provinsi dan nasional.

"Pohon tumbang ini memang kebanyakan di jalan provinsi dan nasional. Kita sudah kordinasi dan sudah mendapatkan izin ketika ada bencana kita bisa langsung intervensi," kata Idris.

Petugas DLHK Depok Memangkas Sejumlah Pohon Rimbun untuk Mencegah Terjadinya Pohon Tumbang di Depok

Meskipun sudah mendapatkan ijin, Idris mengaku masih kesulitan mendapatkan pembiayaan sebab tidak ada bantuan dari pusat.

"Karena ini aset pusat, tapi karena ini urgent (darurat) akhirnya kami menyiasatinya dengan menggunakan BTT (biaya tidak terduga)," tutur Idris.

Selain itu pohon yang rawan tumbang sudah diperiksa oleh tim dan bahkan sudah dilakukan penebangan di beberapa titik yang dianggap rawan.

Dari 56 Instansi, Cuma Pemkot Depok yang Buat Syarat Diskriminatif di CPNS 2019

"Sudah kita periksa semua. Sedangkan kejadian yang kemarin yang banyak pohon tumbang itu kejadian luar biasa. Jangankan pohon, tower saja bisa ambruk," kata Idris.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved