Breaking News:

Lingkungan

Petugas DLHK Depok Memangkas Sejumlah Pohon Rimbun untuk Mencegah Terjadinya Pohon Tumbang di Depok

Hal ini adalah sebagai langkah antisipasi terjadinya pohon tumbang, mengingat cuaca buruk sedang melanda hampir di seluruh Kota Depok.

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Pemangkasan dahan pohon adalah sebagai langkah antisipasi terjadinya pohon tumbang, mengingat cuaca buruk sedang melanda seluruh Kota Depok. 

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok terus melakukan pemangkasan pohon rindang maupun dahan pohon yang terlihat rapuh.

Hal ini adalah sebagai langkah antisipasi terjadinya pohon tumbang, mengingat cuaca buruk sedang melanda seluruh Kota Depok.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, terdapat 50 orang dari satuan tugas (Satgas) Pohon yang terbagi dalam empat tim untuk selalu monitoring.

“Setiap hari Satgas berkeliling ke wilayah barat maupun timur untuk mengidentifikasi pohon yang rawan tumbang. Selanjutnya kami lakukan perampingan dahan atau pemangkasan pohon,” ujar Ety Suryahati, di Balai Kota Depok, Jumat (8/11/2019).

Ety mengatakan, perampingan dilakukan untuk menghindari korban jiwa, karena patahnya dahan dan ranting pohon akibat angin kencang.

Seorang Bapak Ambruk dan Tewas Saat Bertaruh Melahap 50 Butir Telur Demi Taruhan Senilai Rp 361 Ribu

Selain kegiatan rutin ini, kata Ety, pihaknya juga menyiagakan empat regu Satgas yang terdiri dari 20 orang di Markas Pohon, Jalan Bahagia Raya, Sukmajaya, selama beberapa hari ke depan.

“Ada empat regu Satgas yang berjaga selama 24 jam untuk menanggulangi jika ada pohon tumbang. Sudah kami tambah jumlah personelnya, karena memang banyak laporan masuk terkait hal tersebut,” kata Ety.

Untuk memberikan keamanan dan kelancaran khususnya bagi pengguna jalan, Ety mengatakan pihaknya menggandeng dinas terkait guna menanggulangi bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

“Kami juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok untuk pengaturan lalu lintas, jika terjadi pohon tumbang,” ujar Ety.

Fadli Zon Minta Nadiem Makarim Perlu Diberi Kesempatan Mengingatkan Pendidikan Bukan Ajang Spekulasi

Sebelumnya, diungkap, sejumlah kalangan hanya sanggup mengirim doa dan mengelus dada terkait dengan bencana asap yang terjadi akibat hutan yang terbakar terus menerus.

Halaman
1234
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved