Ancaman Resesi Ekonomi

Fadli Zon Menilai Suramnya Harapan Pilihan Jokowi pada Pejabat Sama untuk Keluar dari Resesi Ekonomi

Ancaman resesi ekonomi dan krisis adalah semakin berada di pelupuk mata.

Fadli Zon Menilai Suramnya Harapan Pilihan Jokowi pada Pejabat Sama untuk Keluar dari Resesi Ekonomi
Warta Kota
Fadli Zon 

Ancaman resesi ekonomi dan krisis adalah semakin berada di pelupuk mata.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon menjelaskan, penampakan bayang-bayang resesi global adalah kian berada di pelupuk mata.

"Turki bahkan telah dinyatakan sah mengalami resesi sejak awal September silam."

"Selain berasal dari dinamika ekonomi politik global seperti perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Cina, British Exit (Brexit), resesi global juga dipengaruhi oleh gejolak di sejumlah negara yang terkena krisis utang sejak 2013 silam," katanya di Jakarta, Kamis (8/11/2019).

Menurut Fadli Zon, maka tidak heran, berbagai lembaga internasional mulai dari IMF, Bank Dunia, Credit Suisse, JP Morgan, hingga National Association for Business Economics telah memberikan sinyal mengenai gejala resesi ekonomi ini.

"IMF di tahun ini, bahkan sudah empat kali merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia."

"Pada April lalu IMF masih memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global 3,2 persen, terakhir mereka telah menurunkannya menjadi 3 persen saja."

Artinya, kata lulusan S2 London School of Economics (LSE) di Inggris ini, ekonomi dunia, saat ini, hanya tinggal menunggu waktu resesi.

Terkait perekonomian Indonesia, Bank Dunia memroyeksikan di tengah perlambatan ekonomi global, maka pertumbuhan ekonomi kita juga akan terus melemah.

Dalam risetnya, “Global Economic Risks and Implications for Indonesia”, Bank Dunia menggambarkan setiap 1 poin persentase (percentage point) penurunan ekonomi Cina, yang akan berdampak pada penurunan ekonomi Indonesia sebesar 0,3 poin persentase.

Halaman
1234
Penulis: Gede Moenanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved