Berita Video

VIDEO: Septic Tank Meledak, Begini Tips Pencegahan dari Puslabfor Polri Agar Tidak Terjadi

"Biasanya gas muncul dari penguraian bakteri, itu dari kotoran manusia yang masuk ke septic tank lalu ada penguraian bakteri lalu menghasilkan gas.

VIDEO: Septic Tank Meledak, Begini Tips Pencegahan dari Puslabfor Polri Agar Tidak Terjadi
Warta Kota
Septictank Meledak di Jatinegara 

Kompol Faisal, Katim Puslabfor Polri menjelaskan kandungan gas metana di dalam septic tank pemilik rumah berinisial AS, memicu ledakan yang menyebabkan seorang pekerja berinisial SI tewas.

Ia menjelaskan lubang septic tank sejatinya memang mengandung gas yang merupakan hasil dari proses penguraian kotoran.

"Biasanya gas muncul dari penguraian bakteri, itu dari kotoran manusia yang masuk ke septic tank lalu ada penguraian bakteri lalu menghasilkan gas. Ada gas CO dan gas metana yang kami akan periksa nanti," kata Faisal di Kapling Blok O RT 16/03, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (6/11).

Oleh sebab itu, memasukkan sumber api ke dalam lubang septic tank dapat berakibat fatal seperti yang dialami SI. Ledakan itu diduga dipicu lantaran kandungan gas tersulut api hingga menyebabkan ledakan.

"Iya itu (gas muncul) dipicu dari penguraian bakteri kotoran manusia yang ada di situ. Tidak boleh itu (memasukkan api)," ungkapnya.

Pihaknya pun telah mengambil sampel untuk dibawa ke laboratorium guna memeriksa secara pasti kandungan gas di dalam septic tank.

"Ini kami mengambil sampel dari TKP, jadi ada sampel air limbah, air septic tank, dua derigen, sama sampel gas. Belum tahu ini mengandung apa kita periksa dulu yah. Butuh waktu 2 minggu," ujar Faisal.

VIDEO BREAKING NEWS: Detik-detik Septic Tank Meledak di Jatinegara Hingga Petugas Sedot WC Tewas

Sebelumnya, seorang pekerja sedot tinja berinisial SI (41) tewas lantaran terkena ledakan tepat di bawah septic tank rumah warga di Kapling Blok O, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin (4/11) siang kemarin.

Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait mengatakan kejadian berawal saat korban, SI hendak membuktikan kepada pemilik rumah bahwa proses penyedotan telah rampung. Namun sayangnya, hal itu malah memantik ledakan di dalam septic tank.

"Untuk meyakinkan pemilik rumah bahwa pekerjaannya sudah selesai, korban membakar koran. Korannya yang terbakar itu dimasukkan ke lubang septic tank sampai padam," kata Tom di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (5/11). (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved