Breaking News:

Lifestyle

Warga Rusun Jatinegara Kaum Kini Punya Perpustakaan Digital, Sediakan Koleksi 500 Buku

"Konsep digital dipilih agar memberikan digital experience yang positif bagi masyarakat sekaligus memotivasi anak-anak untuk belajar."

Warta Kota/Rangga Baskoro
Wali Kota Jakarta Timur M Anwar saat meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pioneer, Rusun Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (4/11/2019). 

Warga Rusun Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur, kini memiliki fasilitas perpustakaan digital.

Perpustakaan digital itu dibangun di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Jaka Berseri, di dalam kompleks Rusun Jatinegara Kaum.

Perpustakaan bernama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pioneer tersebut dibangun menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.

"Perpustakaan digital ini diinisiasikan dari program 'BUMN Hadir Untuk Negeri' dari PT Antam Logam Mulia," kata Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar di TBM Pioneer RPTRA Jaka Berseri, Senin (4/11/2019).

Menurut M Anwar, PT Antam berlokasi di Jakarta Timur sehingga CSR dikonsentrasikan di wilayah Jakarta Timur.

"Saya berharap wilayah Jakarta Timur ini ada 7 perpustakaan digital di setiap kelurahan dan kecamatan di Pulogadung," kata M Anwar lagi.

Ayo Makan Tahu, Cegah Serangan Jantung dan Singkirkan Kanker

Cerdaskan Anak, Bebaskan Anak dari Anemia dan Beri Asupan Makanan Mengandung Zat Besi

Buku-buku yang disajikan di perpustakaan tersebut sebanyak kurang lebih 500 buku yang meliputi buku pengetahuan mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA.

"Jadi buku disesuaikan dari SD sampai SMA. Jadi buku-buku yang dihadirkan itu buku yang keseharian dia harus berbuat apa. Interaksi dengan masyarakat, ekosistem, menjaga lingkungan, polisi dan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, fasilitas perpustakaan digital nantinya direncanakan disajikan dalam bentuk audio visual melalui satu unit laptop yang telah dibuat programnya.

"Film-film yang durasinya untuk anak anak disesuaikan masing-masing," katanya.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved