Breaking News:

Anies : Penataan PKL di Jalan Thamrin untuk Kembalikan Tujuan HBKB

Pemprov DKI Jakarta membagi tiga zona untuk menata pedagang kaki lima di kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor:
Wartakotalive.com/Anggie Lianda Putri
Suasana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (16/6/2019). 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membagi tiga zona untuk menata pedagang kaki lima di kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin mulai Minggu (3/11/2019). Tiga zona itu terdir atas zona hijau, kuning, dan merah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembagian zona ini untuk mengembalikan tujuan utama HBKB sebagai wadah orang berolahraga sekaligus mengurangi emisi kendaraan.

Dia berharap para PKL yang biasa berjualan di zona merah untuk memaklumi kebijakan tersebut.

“Ketika kegiatan CFD itu dimulai tahun 2001, saat itu memang digunakan untuk salah satu kegiatan pengurangan polusi emisi udara, yang kedua adalah kegiatan olahraga dengan berjalan kaki dan bersepeda,” kata Anies di Jalan Sudirman saat HBKB pada Minggu (3/11/2019) pagi.

Karena itu, Anies menolak bila penataan yang dilakukan ini sebagai upaya penertiban PKL. Soalnya, para PKL tetap diperkenankan berdagang namun di zona hijau dan kuning yang sudah disiapkan pemerintah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membagi tiga zona untuk menata pedagang kaki lima di kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin mulai Minggu (3/11/2019). Tiga zona itu terdiri dari zona hijau, kuning dan merah.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membagi tiga zona untuk menata pedagang kaki lima di kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin mulai Minggu (3/11/2019). Tiga zona itu terdiri dari zona hijau, kuning dan merah. (Istimewa)

Sementara zona merah, harus steril dari pedagang agar masyarakat bisa nyaman dan aman untuk berolahraga.

“Sesungguhnya yang dilakukan adalah penataan seperti tujuan utamanya diadakan HBKB. Karena itu kami siapkan seluruh jalan raya, badan jalan, itu bebas dari kegiatan apapun, kecuali untuk kegiatan olahraga,” ujarnya.

Anies menjelaskan, zona merah itu berada di ruas Jalan Thamrin dari persimpangan Sarinah sampai dekat Wisma BNI di Dukuh Atas.

Sedangkan zona kuning, PKL boleh berjualan di trotoar dari Wisma BNI Dukuh Atas sampai Patung Pemuda dan Jalan Thamrin sampai Patung Arjuna-Wijaya.

Sementara di zona hijau, PKL diperbolehkan berjualan di tujuh ruas jalan di sekitar kawasan HBKB.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved