Berita Video

VIDEO: Begini Suasana Wapres Ma'ruf Amin Saat Pimpin Rapat Pleno Perdana Bahas Kemiskinan

Wapres KH. Ma'ruf Amin pimpin rapat pleno bahas kemiskinan dan stunting di Istana wakil presiden, Jakarta, Jumat (1/11/2019)

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin yang juga selaku Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), memimpin rapat pleno di Kantor Wapres,  Jakarta, Jum’at (1/11/2019).

Rapat pleno ini merupakan rapat perdana dalam pemerintahan Jokowi – Ma’ruf yang dihadiri para Menteri dan Kepala Lembaga anggota TNP2K.

Dalam rapat tersebut, dilakukan pembahasan terkait dengan kelanjutan berbagai kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan yang telah dijalankan termasuk perbaikannya, serta upaya pencegahan anak kerdil (stunting).

Tak Jadi Menteri di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maruf Amin, Ini Jabatan Baru Yusril Ihza Mahendra

Baru Menjabat Jadi Wapres, Power Politik Maruf Amin Disebut Terlemah Sepanjang Sejarah Era Reformasi

Jokowi Ternyata Ajak Maruf Amin Bentuk Kabinet Indonesia Maju, Sebut Pekerjaan yang Sangat Berat

Dalam rapat tersebut, Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi keberhasilan Pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode pertama yang telah berhasil  menurunkan kemiskinan dari 11,25% di tahun 2015 menjadi 9,41% di tahun 2019.

Tingkat kemiskinan tersebut merupakan pencapaian tersendiri karena ini kali pertama Indonesia mencapai tingkat kemiskinan 1 digit.

Wapes juga menyampaikan bahwa upaya pencegahan stunting telah menunjukkan hasil positif dengan menurunnya prevalensi stunting balita dari 37,2% pada tahun 2013 menjadi 27,67% pada tahun 2019.

VIDEO: Terekam Kamera Trap, Seekor Harimau Sumatera Santap Anak Lembu Milik Warga

“Terkait dengan capaian diatas, saya ingin kita semua menjaga momentum positif tersebut dan mendorong lebih baik lagi.

Kerjasama seluruh elemen pemerintah dari tingkat pemerintah pusat sampai ke tingkat desa harus diperkuat. Dan pelibatan peran swasta dan masyarakat juga ditingkatkan.

Hal ini penting kita lakukan mengingat kemiskinan dan stunting adalah masalah multi-sektoral sehingga tidak dapat ditangani oleh satu sektor saja,” jelas Ma'ruf Amin.

Dalam rapat tersebut Wapres mengingatkan bahwa tantangan penanggulangan kemiskinan dan pencegahan stunting masih sangat remdah.

Menjadi Pacar Indah Permatasari, Arie Kriting: Entah Apa Kesalahan Saya Sehingga Orang Berkata Jahat

Halaman
12
Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Wito Karyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved