Tawuran di Manggarai

Pencegahan Dini Tawuran di Manggarai, Camat Menteng Usul Pemasangan Kamera CCTV

Pemasangan kamera CCTV di wilayah perbatasan Tambak dan Manggarai bertujuan untuk pencegahan dini terjadinya tawuran antarwarga.

Pencegahan Dini Tawuran di Manggarai, Camat Menteng Usul Pemasangan Kamera CCTV
Warta Kota/Rizki Amana
Serpihan bekas tawuran di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (29/10/2019) malam. 

Camat Menteng Edy Suryaman mengusulkan untuk dilakukan pemasangan CCTV di wilayah perbatasan Tambak dan Manggarai agar tidak kembali terjadi tawuran antar warga.

Tawuran yang terjadi beberapa waktu lalu membuat keresahan bagi warga sekitar, bahkan menganggu akses para penguna kereta api, karena saat tawuran terjadi layanan kereta api dihentikan sementara.

"Untuk mencegah tawuran sejak dini, instansi terkait harus memasang kamera CCTV di lokasi-lokasi rawan tawuran. Sehingga dapat diketahui dari awal dan dapat dicegah sebelum tawuran terjadi," kata Edy, Jumat (1/11/2019).

VIDEO: Pemrov DKI Ancam Cabut Keanggotaan BPJS dan KJP Warga Pelaku Tawuran

Edy menilai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kerap terjadi di wilayahnya merupakan dampak dari masalah sosial lainnya.

Permasalahan ekonomi juga turut menjadi salah satu penyebab terjadinya pemicu tawuran.

"Bahkan setelah ada proyek pengerjaan di sekitar area itu, tawuran antar kelompok massa justru lebih sering terjadi," katanya.

Seperti Ini Upaya untuk Mengatasi Kawasan Manggarai yang Kerap Menjadi Lokasi Tawuran

Selain itu, ia juga berharap peningkatan patroli oleh pihak Kepolisian di wilayah yang dinilai rawan tawuran, sehingga dapat diantisipasi sebelum bentrokan terjadi.

Tentunya antisipasi ini tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian, namun juga perlu kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga wilayahnya tetap kondisif.

"Pengawasan dan penjagaan kemanan harus intensif. Patroli keliling lebih ditingkatkan lagi," ujarnya.

Anggota Polisi Luka Bacok Akibat Tawuran Manggarai Dipastikan Telah Berangsur Membaik

Menurutnya, aparat gabungan beberapa waktu lalu sudah menggelar ikrar perdamaian dan doa bersama di sekitar terowongan Jembatan Manggarai Lama, Jaksel pada Rabu (30/10/2019) malam.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved