Tanjung Gowes Kuy Dorong Hidup Bugar Lewat Keluarga

Demi mendorong warga untuk hidup lebih sehat, Kemenpora melalui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga menggelar kegiatan fun bike di Kota Bekasi.

Tanjung Gowes Kuy Dorong Hidup Bugar Lewat Keluarga
Istimewa
Ketua RT 03 (kiri), Danang Pratomo memberikan hadiah pada pemenang undian. 

Dalam rangka memperingati 91 tahun Hari Sumpah Pemuda, komunitas sepeda "Tanjung Gowes Kuy" menggelar fun bike di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan RT/RW 01/09, Perumnas 3, Bekasi Timur, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019), pukul 06.30 WIB.

Mengambil tema "Pemuda Bergerak, Bugar, dan Bermanfaat Bagi Masyarakat", fun bike tersebut menempuh jarak sekitar 5 kilometer (km).

Start dimulai dari Lapangan RT 01 di Jalan P Maluku, kemudian mengarah ke Jalan Nusantara, lanjut ke Jalan Wisma Jaya, dan kembali ke Jalan Maluku.

Kegiatan tersebut didukung Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti, Plt Asdep Olahraga Prestasi Ahmad Arsani, Presiden Direktur Mahkota Promotion, Gustiantira Alandy, serta Pengurus dan PKK RW 09.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata mendorong warga untuk hidup lebih sehat dan bugar dengan bersepeda atau gowes. Melalui olahraga, rakyat Indonesia akan memiliki karakter dan integritas yang kuat serta menjunjung tinggi sportivitas," kata Isnanta melalui keterangan pers yang diterima, Rabu (30/10/2019).

"Olahraga dalam hal ini bersepeda atau gowes, harus menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia sehari-hari. Sebab, salah satu olahraga yang mudah dan murah adalah bersepeda," sambungnya.

Isnanta menambahkan, selain memperingati Sumpah Pemuda, kegiatan tersebut mempererat tali persaudaraan dan persatuan. Bersepeda, lanjut Isnanta, membentuk kerukunan dan mempererat tali persaudaraan.

"Karena bersepeda yang dilakukan secara massal akan menumbuhkan kebersamaan melalui interaksi sosial yang menggembirakan," ucapnya.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan senam bersama yang dipimpin perwakilan ibu-ibu PKK dari RW 09. Kemudian berlanjut ke fun bike, lomba mewarnai anak-anak, lomba tarik tambang, pembagian hadiah sebanyak 12 sepeda gunung dan lipat, serta peralatan rumah tangga.

Lebih dari 400 peserta fun bike ikut serta dalam kegiatan yang merupakan bagian dari upaya untuk menggerakkan masyarakat agar senantiasa hidup sehat dan bugar.

Turut hadir di antaranya Ketua RW 09 Kardjo, Ketua RT 01 Zulfadi, Ketua Panpel Tanjung Gowes Kuy Eggi Paksha, ibu-ibu PKK, serta para tokoh masyarakat.

"Dengan persatuan dan kesatuan, masyarakat dapat membangun lingkunganya. Kami mendorong hidup sehat, bugar lewat keluarga, sehat jasmani, dan rohani. Kami juga ingin membangun jiwa sehat bugar ini dimulai dari keluarga. Suami istri dan anak-anak bersepeda. Di situ lah visi yang sama. Olahraga, gowes, dapat membuat badan menjadi bugar," ucap Eggi.

Asrulliadi, salah satu peserta fun bike yang beruntung mendapatkan dua sepeda sekaligus, berharap kegiatan ini berlangsung kontinu.

"Sebelum berangkat gowes, saya cium istri dan minta doa semoga bisa mendapatkan hadiahnya. Alhamdulillah doa itu terkabul. Setiap tahun harus ada, mudah-mudahan tahun depan ada lagi acara seperti ini. Pemudanya harus bersatu terus," ucapnya.

Editor: Eko Priyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved