Breaking News:

Film

Pengamat Film: Banyak Film Kualitas 'Tidak Layak' Justru Masuk Daftar Festival Film Indonesia 2019

Banyak judul film Indonesia yang dinilai tidak layak masuk justru terpilih dalam penjurian ke tahap berikutnya di Festival Film Indonesia 2019.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko | Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Dokumentasi Falcon Pictures
Adegan Minke (Iqbaal Ramadhan) ketika pertama kali bertemu Annelies Mellema (Mawar De Jongh) di rumah Herman Mellema dan Nyai Ontosoroh di film 'Bumi Manusia'. Film 'Bumi Manusia' diputar perdana pada Kamis (15/8/2019) dan masuk dalam daftar penilaian juri Festival Film Indonesia 2019. 

Tidak masuknya film Dilan 1991 sebagai salah satu dari 38 nominasi Festival Film Indonesia 2019 membuat sejumlah pihak kecewa.

Sebaliknya, banyak judul film Indonesia yang dinilai tidak layak justru masuk dalam penjurian ke tahap berikutnya.

Namun di sisi lain, keputusan tersebut adalah hak juri yang diberi tugas oleh panitia Festival Film Indonesia 2019.

Shandy Gasella, pengamat film Indonesia, melihat, tidak hanya film Dilan 1991 yang mengejutkan dan tidak masuk sebagai salah satu daftar nominator di Festival Film Indonesia 2019.

"Beberapa judul film lain yang menurut saya juga layak masuk nominasi Festival Film Indonesia 2019 juga bernasib sama seperti Dilan 1991," kata Shandy Gasella berbincang bersama Warta Kota, Rabu (30/10/2019) sore.

Shandy Gasella juga melihat, dari pengumuman nominasi di Festival Film Indonesia 2019 itu, ada banyak judul film yang kualitas penggarapannya dibawah rata-rata.

Meski Sering Berakting Film, Ariyo Wahab Tetap Mengutamakan Musik Sebagai Pekerjaan Pokok

Mengapa Film Laris Dilan 1991 Tidak Lolos Penilaian Nominasi Festival Film Indonesia 2019?

"Saya cukup kecewa lantaran menemukan banyak judul film yang kualitasnya di bawah rata-rata justru dimasukkan daftar pilihan oleh tim kurator," katanya.

Ia hanya memaklumi bahwa pihak yang menentukan sebuah film layak atau tidak untuk masuk daftar shortlist yang nantinya mengerucut menjadi daftar nomine adalah tim juri.

"Alasan sebuah film dipilih atau tidak, mereka (juri) yang tahu. Setahu saya alasan-alasan itu tidak dipublikasikan," ujar Shandy Gasella.

Dari 130 film Indonesia yang masuk dalam penilaian juri Festival Film Indonesia (FFI) 2019, juri telah memilih 38 judul film.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved