Breaking News:

Berita Jakarta

Menteri BUMN Erick Tohir Jalan Kaki ke Kantor Anies, Bahas Transportasi

Anies mengatakan, saat ini pihaknya bersama BUMN sudah membentuk tim kecil untuk menyusun langkah-langkah penyatuan program integrasi moda transportas

WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Erick Thohir 

Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Tohir bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019). Erick mengenakan baju batik dan jalan kaki dari Kantor Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan ke Balai Kota yang juga berada di jalan yang sama.

Kedatangan Erick ke Balai Kota itu masih terkait dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada 8 Januari 2019 soal integrasi pengelolaan transportasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Erick dan Anies membahas tentang sistem pengintegrasian moda transportasi di Jakarta. Erick tak menjelaskan secara detail konsep pengintergasian tersebut.

“Kami menyusun garis besarnya saja, apa yang perlu kami bahas. Ini baru pertemuan pertama. Mungkin pada saat yang tepat baru kami bisa presentasikan total planningnya agar juga tidak membingungkan masyarakat,” kata Erick seusai pertemuan.

Anies menambahkan, diharapkan moda transportasi kereta api, transjakarta, dan angkutan umum lainnya bisa terintegrasi dalam satu sistem pengelolaan.

“Saat ini, kalau menggunakan Jak Lingko bisa kecuali yang dikelola oleh pemerintah pusat. Nah karena itu tadi dibahas, supaya pengguna kartu itu bisa menggunakan kendaraan yang dikelola oleh pemerintah pusat. Jadi bukan pembangunan infrastruktur, tapi integrasi pengelolaan transportasi umum,” ucap Anies.

Anies mengatakan, saat ini pihaknya bersama BUMN sudah membentuk tim kecil untuk menyusun langkah-langkah penyatuan program integrasi moda transportasi. “Tim kecil yang akan bekerja dari Pemprov DKI dan BUMN.

Tim kecil ini nanti akan merumuskan langkah-langkah. Tapi arahan dari Pak Presiden adalah pengelolaan transportasi itu dikelola oleh yang mengelola tata ruang dan tata ruang itu dikelola oleh DKI,” kata Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Tohir Temui Anies, Bahas Integrasi Pengelolaan Transportasi di Jakarta", Penulis : Cynthia Lova
Editor : Egidius Patnistik

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved