Sumpah Pemuda

Malam Ini Video Mapping Sumpah Pemuda Garapan JVMP Diputarkan Terakhir di Gereja Katedral Jakarta

Lewat gambar-gambar video mapping itu, Jogjakarta Video Mapping Project juga ingin mengingatkan ke generasi muda jaman sekarang tentang peran pemuda.

Malam Ini Video Mapping Sumpah Pemuda Garapan JVMP Diputarkan Terakhir di Gereja Katedral Jakarta
Warta Kota/Henry Lopulalan
Pemutaran video mapping di Gereja Katedral Jakarta, berlangsung Minggu (27/10/2019). Pemutaran video tersebut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan akan berlangsung hingga malam ini. 

Ada yang berbeda selama dua hari terakhir ini, Sabtu-Minggu (26-27/10/2019) di Gereja Katedral, Jalan Katedral, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

sejak akhir pekan kemarin, setiap pukul 20.00 WIB, Gereja Katedral dihiasi gambar-gambar menarik dan unik, terutama pada dinding luar bangunan utamanya.

Gambar-gambar berwarna-warni tersebut masih bisa dilihat warga Jakarta yang melintasi Gereja Katedral sekali lagi pada Senin (28/10/2019) pukul 20.00 WIB nanti.

Pemutaran video mapping di Gereja Katedral Jakarta, berlangsung Minggu (27/10/2019). Pemutaran video tersebut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan akan berlangsung hingga malam ini.
Pemutaran video mapping di Gereja Katedral Jakarta, berlangsung Minggu (27/10/2019). Pemutaran video tersebut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan akan berlangsung hingga malam ini. (Warta Kota/Henry Lopulalan)

"Malam ini terakhir kali kami pertunjukkan di halaman depan Gereja Katedral Jakarta," kata Raphael Donny, Ketua Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP), berbincang bersama Warta Kota, Senin sore.

Jogjakarta Video Mapping Project adalah komunitas video mapping dari Yogyakarta yang menghiasi dinding utama bagian luar Gereja Katedral Jakarta dengan gambar warna-warni melalui 12 proyektor.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momen bagi Jogjakarta Video Mapping Project untuk mempertontonkan hasil karya mereka melalui bangunan bersejarah tersebut.

Apa Saja Kendala yang Dihadapi Jogjakarta Video Mapping Project Menghias Gereja Katedral Jakarta?

Video Mapping di Gereja Katedral Jakarta, Perjalanan Pemuda Sejak Jaman Perjuangan hingga Sekarang

Gereja Katedral Jakarta, dipilih sebagai tempat mempertontonkan video mapping para seniman asal Yogyakarta tersebut karena di situs sejarah inilah awal mula digelarnya Kongres Pemuda II pada 1928.

"Saat itu hari pertama Kongres Pemuda II digelar di Gereja Katedral," jelas Raphael Donny.

Misi tersebut sejurus dengan keinginan pihak gereja yang juga bermaksud untuk mengenalkan Gereja Katedral sebagai situs sejarah melalui video mapping garapan Raphael Donny dkk.

"Kami ingin melakukan seperti napak tilas sejarah Sumpah Pemuda. Rangkaian kongres pemuda waktu itu dari Katedral, lalu Gedung MA dan yang terakhir di gedung yang sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved