Pilkada Solo

Gibran Dinilai Tepat Maju Pilkada Solo Selagi Bapaknya Berkuasa, Jangan Terlambat Seperti AHY

"Saya sampaikan keadaan di Solo seperti apa. Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju (Pilwakot Solo),"

Gibran Dinilai Tepat Maju Pilkada Solo Selagi Bapaknya Berkuasa, Jangan Terlambat Seperti AHY
BIRO PERS/LAILY RACHEV
Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) berjabat tangan dengan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming (kiri), di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8/2017). Meski klain tak dibantu Presiden Jokowi, Gibran dinilai tepat maju Pilkada Solo selagi ayahnya berkuasa. AHY gagal jadi Gubernur DKI dan Menteri antara lain karena SBY telah selesai jadi Presiden 

Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi, mengaku ikut bersaing memperebutkan kursi wali kota Solo, tanpa bantuan ayahnya.

Klaim ini diragukan seorang pengamat. Tapi, seberapa besar peluang Gibran?

Keseriusan ini ditunjukkannya dengan kunjungannya ke kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Kamis (24/10/2019), setelah upayanya untuk mencalonkan diri mendapat halangan di tingkat daerah.

Temui Megawati, Potensi Gibran Menangkan Pilkada Solo Bakal Mulus? Satu Hal, Gibran Tidak Main-Main

Gibran Serahkan Bisnis ke Kaesang karena Fokus Ikut Pilkada Solo 2020, Kaesang: Siap Banget

Gibran Bantah Akan Maju Pilkada Solo Melalui Jalur Independen, Ia Akan Berusaha Melalui PDIP

Alasannya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Solo sudah memiliki calon sendiri, yaitu pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Keduanya politikus senior di wilayah itu.

Namun, Gibran menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri yang dinilai sebagai upanaya untuk mendapatkan restu alias tiket dari DPP PDI-P untuk dapat maju ke Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo tahun depan.

"Saya sampaikan keadaan di Solo seperti apa. Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju (Pilwakot Solo)," kata Gibran kepada media seusai menemui Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Gibran Rakabuming Raka melayani sesi wawancara dengan wartawan usai bertemu dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, Rabu (18/9/2019).
Gibran Rakabuming Raka melayani sesi wawancara dengan wartawan usai bertemu dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, Rabu (18/9/2019). (Tribunsolo.com/adi surya)

Sementara salah seorang pengurus DPP PDI Perjuangan, Arief Wibowo, mengatakan tiket bakal calon wali kota Solo untuk Gibran akan ditentukan dalam rapat pengurus DPP.

Sebelum memilih bakal calon kepala daerah, PDI Perjuangan akan melakukan survei, penelusuran jejak rekam, hingga kapasitas dan kapabilitas.

"Ada banyak penilaian," kata Arief Wibowo kepada BBC Indonesia, Jumat (25/10/2019).

Sejauh mana restu dari DPP PDI-P itu akan turun kepada Gibran, Arief Wibowo mengatakan bahwa partanya adalah partai yang tertib.

Pelatih Persija Putri Kritik Jadwal Liga 1 Putri 2019: Sulit Dibayangkan, Ini Tidak Manusiawi

Halaman
1234
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved