Musim Kemarau

Warga Kelurahan Cilangkap dan Bambu Apus Kesulitan Air Bersih

Lebih dari 500 warga Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dari Kelurahan Cilangkap dan Bambu Apus kesulitan air bersih selama nyaris satu bulan terakhir.

Warga Kelurahan Cilangkap dan Bambu Apus Kesulitan Air Bersih
Warta Kota/Rangga Baskoro
Lebih dari 500 warga Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dari Kelurahan Cilangkap dan Bambu Apus kesulitan air bersih selama nyaris satu bulan terakhir. 

Lebih dari 500 warga Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dari Kelurahan Cilangkap dan Kelurahan Bambu Apus kesulitan air bersih selama nyaris satu bulan terakhir.

Ketua RT 02/RW 03 Adi Ismanto (41) mengatakan, sedikitnya ada 100 jiwa warganya yang kini bergantung kepada bantuan pasokan air dari pemerintah untuk keperluan sehari-hari.

"Jadi bervariasi, ada warga yang air di rumahnya keruh, keluar airnya sedikit, ada juga yang sudah enggak keluar air sama sekali," kata Adi di Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (24/10/2019)

Meski baru melapor untuk permintaan mendapat bantuan kiriman air, segelintir warga RT 02 ada yang sudah dua bulan kesulitan air bersih.

Adi sendiri mengaku heran dengan banyaknya jumlah warga RT 02 karena selama puluhan tahun tinggal di Bambu Apus baru kali ini terdampak kekeringan.

 Terungkap Tidak Terpilihnya Yusril dan Fahri Hamzah Ungkap Parpol Dekati Presiden dengan Memecatnya

 SOSOK Franka Franklin Istri Nabiel Makarim Rekan Artis Seksi Indonesia, Tampil Memesona di Istana

 Tak Dipilih Jokowi, Ignasius Jonan Curhat Tak Pernah Duduki Kursi Menteri Hingga Minta Maaf

 PA 212 Minta Prabowo Pulangkan Rizieq Shihab dalam Waktu 100 Hari, Gerindra: Itu Bukan Tugas Menhan

"Awalnya saya kira enggak banyak warga yang kekeringan, tapi ternyata banyak. Makannya tadi siang saya langsung laporan ke Lurah," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Ketua RT dan Ketua RW di Kelurahan Bambu Apus, Adi menuturkan ada 65 RT dari 5 RW terdampak kekeringan.

Sejak tiga hari lalu, warga Kelurahan Bambu Apus mulai mendapat bantuan air bersih dari jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur.

"Yang saya tahu 65 RT dari 5 RW di Kelurahan Bambu Apus ini kekeringan, kalau total jiwanya saya juga enggak tahu pasti," tuturnya.

 SOSOK RAJA MSWATI III Datang ke Pelantikan Presiden, Punya 15 Istri dan 23 Anak, Satu Istrinya Tewas

Lurah Cilangkap Nasir Sugiar mengatakan 90 kepala keluarga (KK) dengan total 245 jiwa yang terdampak kekeringan dan butuh bantuan air bersih.

Sejak Selasa (22/10/2019), warganya di RT 02, RT 05, RT 06, dan RT 07 mendapat suplai bantuan air bersih dari jajaran Sudin PKP Jakarta Timur.

"Di Cilangkap ada 245 jiwa yang terdampak. Hari Selasa dapat bantuan air bersih 2.500 liter, dan hari Rabu dapat bantuan 4.000 liter dari pemadam," kata Nasir. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved