Kabinet Jokowi

Tujuh Perintah Jokowi untuk Para Menteri, Pengamat UNJ : Harus Ada Kebijakan Konkrit

Pengamat Menilai Tujuh Perintah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Bisa Berjalan Baik Apabila Dibarengi Kebijakan Konkrit

Tujuh Perintah Jokowi untuk Para Menteri, Pengamat UNJ : Harus Ada Kebijakan Konkrit
TRIBUNNEWS/ADIATMAPUTRA FAJAR PRATAMA
Ubedilah Badrun, pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 

Tujuh Perintah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kepada para menterinya dalam Kabinet Indonesia Maju menarik perhatian masyarakat.

Hanya saja, perintah yang disampaikan pada akhir perkenalan para menteri di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (23/10/2019) itu harus dituangkan lewat kebijakan nyata.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Politik Ubedilah Badrun dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Menurutnya, tujuh perintah Jokowi, khususnya soal pencegahan korupsi menjadi komitmen Jokowi dalam bekerja, termasuk para menterinya.

7 PERINTAH Jokowi Kepada Menteri, Dari Larangan Korupsi sampai Ancaman Pemecatan di Tengah Jalan

Namun fungsi pengawasan tidak dapat berjalan baik apabila tujuh perintah Jokowi tersebut tidak dituangkan dalam kebijakan yang konkret.

"Presiden berpesan agar tidak ada korupsi. Hal ini harus diturunkan dalam kebijakan yang konkrit di lapisan kementerian, karena dari situ presiden mesti punya kemampuan mengontrol, bagaimana kabinetnya tidak melakukan praktik korupsi, karena dampaknya nanti pada citra bagaimana publik internasional memandang Indonesia," ungkapnya dihubungi pada Kamis (24/10/2019).

Cerita Zainudin Amali Sebelum Dipanggil Presiden Jokowi: Saya Tidak Sangka Jadi Menpora

Pentingnya menjamin pemerintahan Jokowi-Maruf Amin bersih dari tindak pidana korupsi, menurutnya dapat menambah kepercayaan dunia yang berujung pada perbaikan ekonomi lewat masuknya investasi ke dalam negeri.

"Jika upaya pencegahan korupsi tersebut berjalan di tiap kementerian, maka kepercayaan dunia terhadap Indonesia semakin meningkat dan investasi akan berdatangan dengan mudah," jelasnya.

Sementara, terkait perintah Jokowi lainnya, Ubedilah menyebut Jokowi telah mengetahui latar belakang hingga kemampuan yang dimiliki para tokoh yang kini menjabat sebagai menteri.

Oleh karena itu, mereka dipercaya dapat memberikan solusi dan inovasi atas permasalahan yang dihadapi bangsa di masa depan.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved