Serah Terima Jabatan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Terharu, Juliari Minta Jangan di-Bully

Agus Gumiwang meminta agar segenap pejabat dan staf Kementerian Sosial memberikan dukungan yang besar kepada menteri sosial yang baru.

Serah Terima Jabatan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Terharu, Juliari Minta Jangan di-Bully
Warta Kota/Ichwan Chasani
Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju, Juliari P. Batubara berjabat tangan dengan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Kerja, Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan serah terima jabatan Menteri Sosial RI di Gedung Aneka Bhakti, Kementerian Sosial, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). 

Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar serah terima jabatan Menteri Sosial dari Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Juliari Peter Batubara di Gedung Aneka Bhakti, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

“Saya nggak bisa banyak bicara, kecuali memang sangat terharu. Ada mixed feelings, ada rasa terharu karena saya harus meninggalkan orang-orang hebat yang ada di Kementerian Sosial. Tapi juga saya sangat puas, bangga, karena yang menggantikan saya adalah teman lama saya, sahabat saya, Mas Ari, yang saya sangat yakin bisa menjadi menteri sosial yang lebih hebat dari pada saya,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita yang kini menjabat Menteri Perindustrian.

Agus Gumiwang juga membeberkan, saat dirinya mendapat penugasan sebagai menteri perindustrian, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja Kementerian Sosial.

“Artinya beliau memberikan pengakuan, apresiasi terhadap kinerja bapak ibu sekalian. Ini merupakan capaian kolektif, bukan hanya saya sebagai menteri, tapi kerja sama kolektif sebagai team work, sebuah tim yang sudah sangat kuat,” imbuhnya.

Agus Gumiwang juga meminta agar segenap pejabat dan staf Kementerian Sosial memberikan dukungan yang besar kepada menteri sosial yang baru. Dia juga mengingatkan bahwa saat dirinya menjabat sebagai menteri sosial, Kementerian Sosial telah menandatangani kerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

“Pak Mensos, mungkin nanti kerja sama ini bisa kita lanjutkan, bukan hanya lanjutkan tapi perlu kita dorong, kita dukung agar semakin kuat ke depannya,” kata Agus Gumiwang kepada penggantinya, Juliari Peter Batubara.

Sementera itu, Juliari Peter Batubara mengatakan dirinya sangat nyaman menggantikan Agus Gumiwang Kartasasmita karena kesamaan latar belakang, maupun kedekatan keluarga mereka sebelumnya.

“Rumah kami juga tidak berjauhan, dan banyak persamaan lain sehingga saya sangat nyaman, meneruskan suatu institusi yang dipimpin oleh sahabat sendiri. Sehingga apabila saya nanti ada kesulitan atau bertanya lebih lanjut, saya yakin Pak Agus tidak keberatan untuk saya ganggu,” kata Juliari.

Juliari membeberkan, saat dirinya dipanggil Presiden Joko Widodo, saat itu Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Kementerian Sosial, Menteri Sosial harus responsif.

“Kalau ada bencana harus segera direspon, program-program harus tepat sasaran, ini menyangkut dana yang besar. Kementerian ini kalau tidak salah alokasi APBN nya nomor 5, tidak sedikit. Presiden menyatakan Mas Ari menggantikan Pak Agus yang bagus sekali kinerjanya. Spesifik beliau menyampaikan, Pak Agus itu sangat cepat kalau ada bencana,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved