Pemerintah Perlu Lebih Serius Atur Perusahaan Teknologi

Bill Gates mengatakan, sudah waktunya bagi pemerintah dunia untuk turun tangan dan mengatur perusahaan-perusahaan teknologi besar.

Pemerintah Perlu Lebih Serius Atur Perusahaan Teknologi
thinkstockphotos
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Pendiri Microsoft dan orang terkaya kedua dunia, Bill Gates, mengatakan, sudah waktunya bagi pemerintah dunia untuk turun tangan dan mengatur perusahaan-perusahaan teknologi besar.

Raksasa teknologi seperti Google, Facebook, Amazon, bahkan e-commerce lain dan perusahaan ride hailing sekalipun memberikan begitu banyak pengaruh atas budaya dan ekonomi di kehidupan sehari-hari pengguna.

Hal itu penting bagi pemerintah untuk terlibat dan mengetahui pasti bagaimana perusahaan-perusahaan utu menangani masalah penting, seperti privasi dan serangan cyber.

“Teknologi telah jadi sangat sentral sehingga pemerintah harus berpikir. Jadi, ya, pemerintah perlu terlibat," kata Bill Gates dikutip CNBC, Rabu (23/10/2019), seperti dilansir Kompas.com.

Di Indonesia Punya 115.000 Orang Masuk Kategori Orang Paling Kaya di Dunia

Gates berkata demikian karena banyak start up atau perusahaan rintisan yang telah terguncang oleh skandal privasi.

Bahkan perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Google, dan perusahaan teknologi lainnya (termasuk Microsoft) telah diguncang oleh serangkaian skandal privasi dalam beberapa tahun terakhir, yang memengaruhi jutaan informasi pribadi pengguna.

Bukan tidak mungkin, skandal privasi akan terus meluas.

"Harus ada lebih banyak regulasi di sektor teknologi, hal-hal seperti privasi harus ada (regulasi) di beberapa titik, regulasi federal yang terkait dengan itu," kata Gates.

Bank Punya Rencana Akan Merilis Surat Utang Tahun Depan, Ini Penjelasan Perbankan

Selain itu, makin banyak orang mendapatkan informasi secara online.

Mendapat informasi dari online memungkinkan seseorang mendapat informasi yang salah.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved