Kabinet Jokowi

Kemeja Putih Dipakai Saat Kampanye Hingga Kemeja Batik Saat Pelantikan Menteri

Kemeja Putih Warnai Masa kampanye hingga Pelantikan menteri Kabinet Kerja Jilid 2 Jokowi-Maruf Amin

Kemeja Putih Dipakai Saat Kampanye Hingga Kemeja Batik Saat Pelantikan Menteri
layar tangkap Kompas TV
Pengumuman menteri Kabinet Indonesia Maju 

Keberadaan kemeja putih dengan celana panjang hitam telah melekat pada sosok Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sejak lama.

Mengulang kebiasaan, kemeja putih kini hadir dalam pelantikan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (23/10/2019) pagi.

Keberadaan kemeja putih diketahui sejak Jokowi menjalani masa kampanye pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014.

Melepaskan atribut kemeja kotak-kotak yang menjadi ciri khasnya ketika maju mencalonkan diri bersama Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dalam Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada tahun 2012 silam, Jokowi mulai mengganti pakaian kesehariannya dengan kemeja putih.

BREAKING NEWS: Inilah Susunan Kabinet Indonesia Maju, Jenderal Tito Karnavian Jadi Mendagri

Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi, menjawab pertanyaan wartawan saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta, Sabtu (31/3/2012).
Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi, menjawab pertanyaan wartawan saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta, Sabtu (31/3/2012). (KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES)

Pilihannya untuk terus mengenakan kemeja putih pun berlanjut ketika dirinya terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia bersama Jusuf Kalla.

Beragam kegiatan kenegaraan hingga kunjungan ketika meninjau lokasi bencana pun dilakukan Jokowi dengan menggunakan kemeja putih.

Begitu juga ketika dirinya melantik Kabinet Kerja Jilid I di Istana Negara pada tanggal 26 Oktober 2014 silam.

Seluruh menteri yang dipilihnya terlihat seragam mengenakan kemeja putih berlengan panjang yang dipadankan dengan celana bahan warna hitam.

Kemeja putih pun melekat selama Jokowi dan Maruf Amin berkampanye hingga debat antar kandidat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2019.

Ketua KPU Arief Budiman (kiri) memberikan salinan penetapan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo (tengah) dan Maruf Amin (kanan), saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) memberikan salinan penetapan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo (tengah) dan Maruf Amin (kanan), saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Walaupun ketika itu kemeja putih diketahui sempat menjadi perdebatan lantaran adanya ajakan relawan, baik pendukung Jokowi-Maruf Amin ataupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan mengenakan kemeja putih.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved