Jakarta

Ditemukan Cat Bertimbal, Gubernur Anies Bakal Cek Taman Bermain Anak

Gubernur DKI Anies Baswedan bakal menginstruksikan dinas terkait untuk mengecek adanya indikasi cat bertimbal di puluhan taman bermain di Jakarta.

Ditemukan Cat Bertimbal, Gubernur Anies Bakal Cek Taman Bermain Anak
Luthfi Khairul Fikri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Lebaran Anak Yatim di kawasan Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menginstruksikan dinas terkait untuk mengecek adanya indikasi cat bertimbal di puluhan taman bermain yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Upaya ini dilakukan untuk melindungi anak-anak saat bermain dari zat berbahaya yang terkandung di dalam mainannya.

“Nanti saya cek, karena harus gunakan bahan yang aman untuk anak-anak, umumnya manusia,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (23/10/2019).

Anies mengatakan, fasilitas untuk anak-anak harus ramah terhadap lingkungan maupun kesehatan mereka.

Bila wahana bermain mereka memakai kandungan cat bertimbal, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mereka terutama organ paru-paru.

 BREAKING NEWS: Inilah Susunan Kabinet Indonesia Maju, Jenderal Tito Karnavian Jadi Mendagri

 SOSOK RAJA MSWATI III Datang ke Pelantikan Presiden, Punya 15 Istri dan 23 Anak, Satu Istrinya Tewas

 BUPATI Tetty Paruntu Bongkar Aktor Utama hingga Dirinya Datang ke Istana: Tunjukkan Bukti Lewat WA

 Baju Gibran Ditarik Paspampres di Depan Jokowi Saat Pelantikan Presiden, Begini Kisah Selengkapnya

“Nanti saya minta juga untuk gunakan material yang sangat aman, karena kalau sudah terjadi seperti itu perlu disiapkan recovery (pemulihan) dan jenis perbaikannya juga nanti ditentukan seperti apa,” ujar Anies.

Penggiat lingkungan dari Yayasan Nexus3 mendapati 20 taman umum dan 12 taman bermain anak di Taman Kanak-kanak (TK) yang masih memakai cat bertimbal.

Puluhan sarana bermain itu berada di lima lokasi DKI Jakarta dan terungkap setelah peneliti menganalisis memakai X-Ray Fluorescence (X-RF).

“Tingginya kadar timbal yang terdeteksi pada cat peralatan bermain di luar ruangan sangat mengkhawatirkan dan tidak dapat diterima dari aspek kesehatan,” kata Peneliti Senior dari Nexus3, Yuyun Ismawati berdasarkan rilis yang diterima pada Rabu (23/10/2019).

 Presiden Jokowi Kenalkan 38 Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ada Muka Baru

Yuyun mengatakan, seiring dengan frekuensi penggunaannya berulang kali serta paparan sinar matahari dan hujan, cat pada permainan akan memudar.

Kondisi ini akan menyebabkan cat terkelupas dan bercampur dengan debu dan tanah, yang dapat masuk ke dalam tubuh anak-anak melalui perilaku tangan ke mulut. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved