Di Indonesia Punya 115.000 Orang Masuk Kategori Orang Paling Kaya di Dunia

Indonesia memiliki 115.000 penduduk yang masuk ke dalam kategori satu persen orang paling kaya di dunia.

Di Indonesia Punya 115.000 Orang Masuk Kategori Orang Paling Kaya di Dunia
istimewa
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Indonesia memiliki 115.000 penduduk yang masuk ke dalam kategori satu persen orang paling kaya di dunia.

Berdasarkan laporan Global Wealth Report 2019 yang dikeluarkan oleh Credit Suisse, jumlah tersebut tergolong kecil jika dibandingkan dengan keseluruhan populasi penduduk dewasa Indonesia yang mencapai 173 juta orang.

Di dalam laporan tersebut disampaikan, satu persen penduduk paling kaya di dunia ini memegang hampir setengah dari keseluruhan aset global.

Mereka yang masuk ke dalam kategori ini, setidaknya memiliki kekayaan senilai 936.400 dollar AS atau setara dengan Rp 131,84 miliar (kurs: Rp 14.079).

Kabinet Indonesia Maju Dilantik, IHSG Anjlok dan Nilai Tukar Rupiah Melemah

"Hanya 1,1 persen orang dewasa di Indonesia yang memiliki kekayaan di atas 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar), dibandingkan dengan 10,6 persen proporsi global," tulis laporan tersebut seperti dikutip Kompas.com, Rabu (23/10/2019).

Selain itu, dalam laporan tersebut menyebut, hanya 115.000 penduduk Indonesia masuk dalam satu persen orang yang memegang kekayaan global.

"Angka tersebut cenderung rendah untuk negara dengan populasi penduduk dewasa mencapai 173 juta jiwa," tulis laporan tersebut.

Meskipun jumlah orang yang masuk dalam kategori 'tajir' di Indonesia cenderung rendah, kesenjangan di Indonesia, menurut Credit Suisse lebih tinggi dibanding rata-rata dunia.

Koefisien gini (ukuran ketidakmerataan atau ketimpangan) mencapai 83 persen, dengan nilai aset mereka yang masuk dalam kategori satu persen tersebut mencakup 45 persen dari keseluruhan aset kekayaan penduduk Indonesia.

"Keduanya tergolong tinggi untuk standar internasional," tulis laporan tersebut.

Ingin Tahu Buku yang Membuat Warren Buffett Menjadi Miliarder?

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved