Produk Khas Betawi Meriahkan Kenduri Budaya dan MTQ Jakarta Utara

Produk Khas Betawi Meriahkan Kenduri Budaya dan MTQ Jakarta Utara, Selain pertunjukan kesenian dan keagamaan.

Produk Khas Betawi Meriahkan Kenduri Budaya dan MTQ Jakarta Utara
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kuliner khas Betawi meriahkan Kenduri Budaya dan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVIII Tahun 2019 Jakarta Utara. 

Kenduri Budaya dan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVIII Tahun 2019 Jakarta Utara digelar di Plaza Barat Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (22/10/2019).

Selain menghadirkan pertunjukan kesenian dan keagamaan, juga terdapat puluhan stand bazar bernuansa nusantara yang ikut meramaikan acara tersebut.

Beragam jenis produk mulai dari kuliner, aksesoris, hingga busana disajikan di halaman Plaza Barat Kantor Wali Kota Jakarta Utara selama empat hari kedepan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Jakarta Utara M. Ichwan Ridwan mengatakan pihaknya menghadirkan beragam jenis produk khas Betawi.

"Partisipasi dalam acara ini dengan menghadirkan beragam jenis produk hasil binaan DPD Bamus Betawi. Tentunya yang kami hadirkan produk khas Betawi," kata Ichwan, Selasa (22/10).

Beragam produk khas Betawi itu seperti kain batik jenis tulis dan cetak. Tidak ketinggalan kuliner Betawi seperti kerak telor, bir pletok, selendang mayang, dan lain-lain.

"Harapannya kita ingin melestarikan, memperkenalkan serta mengembangkan dan memberdayakan UKM (Usaha Kecil Menengah) dari Betawi," ucapnya.

Selain untuk melestarikan kebudayaan, produk Betawi yang ditampilkan juga agar masyarakat bisa memahami dan mencicipi kuliner yang selama ini jarang ditemui.

"Produk yang dijajakan di sini adalah produk-produk unggulan dan memang banyak juga makanan yang sudah langka," jelasnya.

Sekretaris Jenderal Forum RT/RW DKI Jakarta Andi Pane menambahkan pihaknya menghadirkan beragam jenis kopi nusantara dengan berkolaborasi dengan UKM binaan.

Andi berharap kedepannya agar acara serupa dapat digelar rutin dan tidak hanya di kantor wali kota tapi juga di kantor kecamatan hingga kelurahan. Sehingga lebih banyak dapat menarik pengunjung.

"Saya berharap kedepannya semua stakeholder bisa saling bahu membahu untuk lebih memperkenalkan budaya bangsa Indonesia. Apalagi Jakarta Utara memiliki kemajemukan tinggi dengan beragam suku dan agama," tutupnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved