Berita Tangerang

Kekurangan Personel, Satpol PP Tangsel Ajak Pegawai Kelurahan dan Kecamatan Tegakkan Perda

Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan masih belum mencapai target personel yang ideal.

Kekurangan Personel, Satpol PP Tangsel Ajak Pegawai Kelurahan dan Kecamatan Tegakkan Perda
Wartakotalive.com/Zaki Ari Setiawan
Satpol PP Tangerang Selatan menggelar koordinasi dengan Kasie Tramtib tingkat kelurahan dan kecamatan di Aula Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Selasa (22/10/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Zaki Ari Setiawan

TANGERANG, WARTAKOTALIVE.COM - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan masih belum mencapai target personel yang ideal.

Menurut Sekretaris Satpol PP Tangerang Selatan Oki Rudianto, saat ini baru tercatat 258 anggota dengan target Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yakni 450 personel Satpol PP.

"Di tangsel kita masih kekurangan personel, menurut RPJMD kita harusnya punya 450, sekarang sudah ada 258 orang anggota Satpol PP, artinya adanya kekurangan jumlah," kata Oki dalam acara Koordinasi Penegakan Perda di Aula Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Selasa (22/10/2019).

Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala Seksie Ketentraman dan Ketertiban (Kasie Tramtib) tingkat kelurahan dan kecamatan itu, Oki meminta peran aktif dari para kasie tramtib dalam menegakan Perda di daerahnya.

Peran Kasie Tramtib itu pun dinilai dapat membantu kerja Satpol PP di Tangerang Selatan yang terkendala keterbatasan personel.

"Kalau itu terjadi, diharapkan Satpol PP semakin banyak personelnya dan semakin memudahkan kita menghadapi masalah-masalah di wilayah, karena kalau ada pelanggran perda yang paling dulu tahu itu teman-teman di wilayah," tuturnya.

Peran yang dapat dilakukan para Kasie Tramtib pun beragam.

Oki memberi contoh dengan melakukan mediasi kepada pedagang kaki lima (PKL) yang melanggar perda dengan berjualan di trotoar.

Jika mediasi gagal dan PKL tetap berjualan di trotoar, sambung Oki, barulah pihak Satpol PP datang untuk menertibkan.

Sementara itu, Kasatpol PP, Mursinah menambahkan, Kasie Tramtib di kelurahan dan kecamatan memiliki peran yang hampir mirip dengan pihaknya.

Sehingga perlu adanya koordinasi yang intens antara Satpol PP dengan para kasie tramtib.

"Kita mensinergikan tugas pokok fungsi baik kami di Satpol PP, maupun di kelurahan dan kecamatan, jadi bukan kali ini saja kami berkoordinasi," kata Mursinah kepada puluhan kasie tramtib.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved